Kualitas Kakao BUbuk Dipasaran Kota Makassar

Khaerunnisa nisa nisa

Sari


Kakao merupakan salah satu hasil perkebunan yang dapat memberikan kontribusi untuk peningkatan devisa Indonesia. Salah satu produk hilir dari biji kakao  adalah bubuk kakao, yang kemudian dapat diolah menjadi beberapa produk  yang bernilai ekonomi tinggi.  Kakao bubuk adalah produk dari  biji kakao yang diperoleh dari bungkil kakao yang diubah bentuknya menjadi bubuk (SNI, 2009). Bubuk kakao berkadar lemak lebih tinggi biasanya memiliki warna lebih gelap dengan flavor yang lebih ringan. Kakao bubuk sebagai salah satu produk olahan biji kakao yang sangat di minati para industri.. Berdasarkan hasil pengujian kadar air dan kadar lemak pada kakao bubuk yang ada dipasaran kota Makassar dapat disimpulkan bahwa dari 15 industri yang ada,  rata – rata kadar lemak sudah memenuhi standar SNI tetapi pada kadar air masih terdapat 2 industri dengan  kadar air yang melebihi standar mutu, akan tetapi bila dilihat kadar lemaknya masih dapat dikatakan bahwa rata-rata industri yang ada dikota Makassar masih dalam taraf kualitas yang baik.


Teks Lengkap:

Khaerunnisa

Referensi


Daftar Pustaka.

Abraham, 1982. Manufacture of Chocolate the planters:58(657): 256.259

Beckett, 1999. Industrial Chocolate Manufacture.crd.use Blackwell.ltd.Oxford

Mulato.et, al. 2005. Pengolahan produk Primer dan sekunder kakao. Pusat Penelitian kopi dan kakao Indonesia .Jember.

DR. Elvira Syamsir, 2011. Ilmu pangan. Blog .spot. personal.Bogor.

Gayatri, 1994.Bunga Rampai Residu Pestisida dan Alternatif.PAN. Indonesia, Jakarta.

Majalah Indonesia, 2017. Sehat Dengan Bubuk Cokelat. JAKARTA-KAKAO INDONESIA. https//www.kakao-indonesia.com/index. Php/news-feed/369-sehat-dengan-bubu-cokelat. Diakses tgl 26 Februari 2018.

Susanti, 2012. Budidaya dan proses pengolahan cokelat , skripsi Susanti.pdf. Universitas Semarang. Fakultas Pertanian. Semarang.

Winarno, 1997. Kimia Pangan dan Gizi. Jakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Published By :

Jurnal Majalah Teknologi (TEGI)

Balai Riset dan Standardisasi Industri Bandar Lampung, Prov. Lampung, Indonesia Post Code 35144 Phone (0721)706353  Email: baristandlampung@gmail.com

http://ejournal.kemenperin.go.id/tegi