Archives

2019

Vol 2, No 2 (2019): Prosiding Seminar Nasional Hasil Litbangyasa Industri II

Revolusi Industri 4.0 (4IR) meliputi beragam teknologi, seperti kecerdasan buatan (AI), Internet of Things (IoT), wearables, robotika, dan 3D printing. 4IR ini bisa menjadi pemacu bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia, yang dapat didorong oleh inovasi dari kegiatan penelitian dan pengembangan. Salah satu tantangan menghadapi 4IR adalah menciptakan ekosistem inovasi antar akademisi, lembaga pemerintah, industri yang kondusif dan komunitas, sehingga dapat memfasilitasi pembangunan industri hilir berbasis kekayaan sumber daya alam. Baristand Industri Palembang berperan aktif dalam meningkatkan difusi teknologi hasil inovasi, research, development and design untuk pengembangan industri hilir melalui penyelenggaran seminar nasional.

Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT, atas berkat dan rahmat-Nya Balai Riset dan Standardisasi Industri Palembang dapat menyelenggarakan Seminar Nasional Hasil Litbangyasa Industri ke 2 Tahun 2019 dengan tema  Hilirisasi Industri Berbasis Sumber Daya Alam dalam Menghadapi Tantangan Industri 4,0 pada tanggal 26 Agustus 2019 di Hotel Harper Palembang, sehingga disusun dan diterbitkan Prosiding Seminar Nasional Hasil Litbangyasa Industri ke 2 Tahun 2019 dengan nomor ISSN 2654-8550.

Semua artikel yang dimuat pada prosiding ini telah diseleksi terlebih dahulu sebelum dipresentasikan secara oral pada saat penyelenggaraan seminar nasional kemudian ditelaah dan direview oleh peer reviewers sebelum diedit untuk diterbitkan. Sebanyak 39 karya tulis ilmiah berasal dari berbagai instansi dari Kementerian Perindustrian, Perguruan Tinggi di Sumatera dan Pulau Jawa, Balai Penelitian Sembawa dan instansi lainnya. Lingkup karya tulis ilmiah pada prosiding ini meliputi Tekstil, bahan bangunan dan Industri 4.0, Pertanian dan Teknologi Lingkungan, Karet dan Energi, Pangan,

Kami menyampaikan terima kasih kepada penulis, tim editor ilmiah, panelis, tim copy edit, dan semua pihak yang telah berkontribusi atas terselenggaranya seminar nasional ini sampai dengan tersusunnya prosiding ini.  

Kami berharap agar prosiding ini dapat memberikan sumbangan IPTEK nyata terkait pengembangan inovasi dan teknologi industri 4.0 untuk memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangan industri hilir berbasis sumber daya lokal serta menyumbang masukan dan saran bagi para pengambil kebijakan dalam mendukung Making Indonesia 4.0.

Kami menyadari prosiding ini belum sempurna, untuk itu kami senantiasa menerima saran dan kritik yang membangun dari pembaca dan pihak lainnya sebagai bahan perbaikan penerbitan prosiding tahun yang akan datang.

Selamat membaca.

 


2018

Vol 1, No 1 (2018): Prosiding Seminar Nasional 1 Hasil Litbangyasa Industri

Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT, atas berkat dan rahmat-Nya Balai Riset dan Standardisasi Industri Palembang dapat menyelenggarakan Seminar Nasional Hasil Litbangyasa Industri ke 1 Tahun 2018 dengan tema “Hilirisasi Industri Berbasis Sumber Daya Alam Lokal Dalam Menghadapi Tantangan Industri 4.0” pada tanggal 18 Oktober 2018 di Hotel Santika Radial, Palembang, sehingga disusun dan diterbitkan Prosiding Seminar Nasional Hasil Litbangyasa Industri ke 1 Tahun 2015 dengan nomor ISSN 2654-8550.

Semua artikel yang dimuat pada prosiding ini telah diseleksi terlebih dahulu sebelum dipresentasikan secara oral pada saat penyelenggaraan seminar nasional kemudian ditelaah dan direview oleh peer reviewers sebelum diedit untuk diterbitkan. Sebanyak 24 karya tulis ilmiah berasal dari berbagai instansi dari kementerian perindustrian, kementerian pertanian, BPTP Sumatera Selatan, Universitas Indo Global Mandiri, Balai Penelitian Karet Sembawa- RPN, Politeknik Palcomtech dan instansi lainnya. Lingkup karya tulis ilmiah pada prosiding ini meliputi teknologi pengolahan karet dan barang jadi karet, pangan (makanan, minuman, dan produk pangan lainnya), kimia (proses kimia, teknologi kimia, polimer, nanomaterial), teknologi lingkungan dan energi baru terbarukan, hasil perkebunan (kopi, karet dan sawit), tekstil dan produk tekstil, otomotif dan elektronik.


1 - 2 of 2 Items