Analisis Association Rules dalam Strategi Penjualan di Foodcourt Politeknik Negeri Sriwijaya
Abstract
Implementasi data mining menjadi tren dalam mengekstrak data yang menjadi informasi baru dimana dapat memberikan rekomendasi bagi kebijakan suatu organisasi, yang disebut dengan Knowledge Discovery of Database (KDD). KDD dapat diimplementasikan dalam berbagai sektor, salah satunya adalah Foodcourt Politeknik Negeri Sriwijaya. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat strategi pemasaran dengan menggunakan penentuan posisi gerobak berdasarkan perilaku pelanggan, yang akan membantu manajemen dalam meningkatkan penjualan. Analisis data menggunakan Association Rules dengan Algoritma A Priori. Tahapan analisis dimulai dengan Seleksi Data berdasarkan transaksi penjualan harian; Pemilihan Data dengan memilih data item barang yang dijual berdasarkan gerobak; Transformasi Data dengan mengubah data penjualan item barang menjadi dummy variable; Proses Data Mining; dan Interpretasi Data. Analisis data transaksi yang digunakan selama periode 3 bulan mulai dari tanggal 01 Mei 2019 – 31 Juli 2019, dengan sebanyak 153.401 record data dan 13 gerobak. Hasil akhir dari penelitian ini adalah strategi penjualan dengan rekomendasi posisi tenant di Foodcourt Politeknik Negeri Sriwijaya yang terdiri dari 2 rules dengan tingkat confidence 90%
Kata Kunci : Association Rules, Data Mining, Strategi Marketing, Algoritma A Priori
Keywords
Full Text:
PDFReferences
E. Turban, Decision Support Systems and Intelligent System, Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu, 2005
I. G. T. Isa, “Perancangan Aplikasi Prediksi Kelulusan Tepat Waktu dengan Algoritma Naive Bayes”, Jurnal Sains dan Teknologi (SANTIKA) UMMI, Vol. 7, No. 2, 2017
F. A. Hermawati & W. Widjajanti, “Penggunaan Analisa Asosiasi (Association Analysis) dalam Pemilihan Lokasi Wisata berdasarkan Karakteristik Sosio-Demografis Wisatawan”, Konferensi Nasional Sistem Informasi 2012 STMIK-STIKOM Bali, No. 374, p. 1496-1501
(2017) Website Pressreader. [Online]. Tersedia: https://www.pressreader.com/indonesia/info-komputer/20170207/282454233735370
O. Maimon & L. Rokach, Introduction to knowledge discovery and data mining. Boston: Springer, 2009.
Z Chen, A Gangopadhyay, G Karabatis, M McGuire, “Semantic Integration and Knowledge Discovery for Environmental Research”, C Welty Journal of Database Management (JDM), vol. 18 (1), pp. 43-68, 2008
D. Widiastuti & N. Sofi, “Analisis Perbandingan Algoritma Apriori dan FP-Growth pada Transaksi Koperasi”, UG Journal., vol. 8(1), 2014.
A. M. Siregar & A. Puspabhuana, Data Mining: Pengolahan Informasi data dengan Rapid Miner, Surakarta: CV. Kekata Group, 2017.
Ermatita & Saprudin, Analisa Data dengan Teknik Association Rule dalam Data Mining, Palembang: Universitas Sriwijaya, 2009
ISA, I. G. T., & Jhoansyah, D. (2019). Implementasi Association Rules Dalam Menentukan Posisi Gerobak (Studi Kasus: Foodcourt Universitas Muhammadiyah Sukabumi). Informatika Mulawarman: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 13(2), 65-70.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Nasional Hasil Litbangyasa Industri II

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.