Branding Produk Gulo Puan dan Produk Inovasi Gulo Puan (Puan Candy) sebagai Makanan Khas Palembang dari Ogan Komering Ilir (OKI)

Dewi Sartika, Imelda Saluza, Roswaty Roswaty

Abstract


Gulo puan merupakan salah satu makanan khas dari kecamatan Pampangan Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan. Gulo yang berarti gula dan puan yang berarti susu. Gulo Puan adalah makanan yang terbuat dari gula dan susu yang diolah menjadi karamel. Susu yang digunakan dalam pembuatan gulo puan adalah susu kerbau rawa. Hal ini dikarenakan banyak masyarakat kecamatan Pampangan OKI beternak kerbau rawa. Gulo puan sudah dikenal dibeberapa wilayah Sumatera Selatan. Namun, belum banyak masyarakat yang tahu dengan gulo puan seperti makanan khas daerah Sumatera Selatan lainnya. Berdasarkan hasil evaluasi awal yang dilakukan kepada 50 responden diperoleh bahwa hanya jaminan kesehatan yang mempengaruhi citra produk gulo puan dengan nilai sig. sebesar 0,031 < 0,05. Hal tersebut disebabkan gulo puan berbahan dasar susu tanpa penggunaan bahan pengawet, pemanis dan pewarna buatan, sedangkan dalam hal desain label, keragaman produk, varian harga, jaringan penjualan, dan informasi distribusi tidak memiliki pengaruh terhadap citra produk gulo puan. Oleh karena itu, melalui kegiatan Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS) yang didanai oleh Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Republik Indonesia yang dilaksanakan oleh Tim dari Universitas Indo Global Mandiri (UIGM) ingin membantu memberikan solusi kepada mitra sasaran yaitu kelompok usaha gulo puan Desa Bangsal untuk meningkatkan citra produknya. Solusi yang dimaksud berupa pembuatan logo dan label kemasan produk, penggunaan kemasan stand pouch dan toples plastik, serta melakukan inovasi berupa produk permen gulo puan (puan candy). Solusi permasalahan yang dilakukan pada mitra mampu meningkatkan kualitas dan menciptakan branding produk gulo puan. Hal tersebut tentunya akan berpengaruh pada citra Kabupaten OKI, khususnya Pampangan.


Keywords


gulo puan, branding

Full Text:

PDF PDF

References


Artaya, I. P., Kamisutara, M., & Baktiono, R. A. (2018). Pengaruh Citra Produk Berdasarkan Analisis Persepsi Konsumen Pada Kelompok Usaha Aneka Pangan Kota Sidoarjo. Jurnal Tata Sejuta STIA Mataram, 4(1), 1–11.

Erlyana, Y. (2018). Analisis Peranan Desain Kemasan Terhadap Brand Identity Dari Sebuah Produk Makanan Lokal Indonesia Dengan Studi Kasus: Produk Oleh-Oleh Khas Betawi ‘Mpo Romlah.’ National Conference of Creative Industry, (September), 5–6. https://doi.org/10.30813/ncci.v0i0.1316

Julianti, S. (2014). The Art of Packaging : Mengenal Metode, Teknik dan Strategi Pengemasan Produk untuk Branding dengan Hasil Maksimal.

Kariono, K. (2018). Kebangsawanan dan Jelatahnya Gulo Puan. Retrieved from https://www.kompasiana.com/kartika.l.kariono/5ab10e97f13344685a5d51c2/kebangsawanan-dan-jelatahnya-gulo-puan?page=all

Sarwidaningrum, I. (2015). Gulo Puan, Gula Bangsawan dari Pampangan. Retrieved from https://travel.kompas.com/read/2015/03/15/135200627/Gulo.Puan.Gula.Bangsawan.dari.Pampangan

Tanuatmadja, Y., Swandi, I. W., & Raditya, A. (2014). Perancangan Branding ” Marilyn ’ s Cake ” Surabaya Abstrak Pendahuluan Metode Penelitian, 1–12.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Nasional Hasil Litbangyasa Industri II

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.