e-WaUKM Sebagai Sarana Mengembangkan Usaha Waralaba Versi Grup UKM

Febrianty Febrianty, Fatmariani Fatmariani

Abstract


Perkembangan bisnis waralaba saat ini menjadi salah satu bisnis yang banyak ditawarkan. Jika dahulu franchisor asing mendominasi perkembangan bisnis franchise, sekarang sudah banyak pengusaha lokal yang mewaralabakan bisnis mereka dalam rangka memperluas pasar. Sesuai dengan PP No. 42 Tahun 2007, kriteria bisnis yang boleh diwaralabakan yaitu peluang bisnis yang memiliki ciri khas tertentu, terbukti telah memberikan keuntungan bagi pelaku usahanya, memiliki standar mengenai pelayanan yang ditawarkan (SOP tertulis), bisnis tersebut mudah diajarkan dan diaplikasikan, adanya dukungan yang berkesinambungan, dan memiliki hak kekayaan intelektual yang sudah terdaftar. Oleh karena itu, untuk meningkatkan pertumbuhan dan daya saing UKM  maka perlu marketplace khusus untuk UKM dalam mempromosikan usaha mereka yang dapat diwaralabakan dan utamanya tentu saja dimanfaatkan oleh pemilik UKM bukan pengusaha kelas kakap. Penelitian ini bertujuan membangun e-commerce dengan nama e-WaUKM, sebagai sarana mengembangkan usaha waralaba versi grup UKM. Metode pengembangan yang digunakan dengan metode Rapid Application Development (RAD).  Hasil penelitian ini adalah dibangunnya sistem e-WaUKM dengan alamat link: https://e-waukm.com. yang memiliki fitur-fitur antara lain: beranda, tentang, waralaba, artikel, berita, dan kontak. Dengan adanya sistem ini diharapkan memberikan solusi perluasan pasar bagi UKM dan peningkatan grade pelaku UKM menjadi lebih berkelas.

Kata kunci : UKM, Waralaba, e-WaUKM, grup


Full Text:

PDF

References


Wibawanti, Novita Adi. 2009. Peluang Laba di Bisnis Franchise. Jakarta: Info Bank News. Com.

Deperindag. 2007. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomer 42 Tahun 2007 tentang Waralaba. Jakarta.

Hakim, Lukman., 2008, Info Lengkap Waralaba, MedPress : Yogyakarta, halaman 13.

Harared, Bunga., 2014, Pertumbuhan Waralaba di Indonesia, [online] http://heybunga.blogspot.com/2014/04/pertumbuhan-waralaba-di-indonesia.html

Siahaan, Yanty Faradillah. 2017. JITEKH, Vol 6, No 2, Tahun 2017, 58-66. ISSN 2338-5677(Media Cetak) ISSN 2549-6646 (Media Online)

Majalah Usahawan, 2010. Menggempur Pasar dengan Sistem Franchise, Edisi No.11 Tahun XX, November 1991, UI Press.

Rachmawati, Oktavia. 2018. https://bisniswaralaba.id/pertumbuhan-waralaba-lokal-dan-asing-di-tahun-2018/. Pertumbuhan Waralaba Lokal dan Asing di Tahun 2018. 16 April.

Wijaya, Kelvin, Wowor, Hans, dan Tulenan, Virginia. 2015. Sistem Pendukung Keputusan Penerima Beasiswa dengan Metode Technique For Order Preference By Similarity To Ideal Solution Di Universitas Sam Ratulangi Manado. E-journal Teknik Informatika, Volume 5 No 1. ISSN : 2301-8364.

http://www.kemendag.go.id/id/news/2016/09/06/ri-punya-698-waralaba-omzetnya-rp-172-t, diakses tanggal 20 Juni 2018.

Subchan, Nur. 2014. Perancangan Sistem Informasi Franchise Berbasis Android, PHP (Codeigniter) Dan MYSQL. file:///C:/Users/a/Downloads/61-170-1-PB%20(1).pdf, diakses 25 Mei 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Prosiding Seminar Nasional Hasil Litbangyasa Industri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Panitia Seminar Nasional Hasil Litbangyasa Industri II Tahun 2019

---Hilirisasi Industri Berbasis Sumber Daya Alam Lokal Dalam Menghadapi Tantangan Industri 4.0 ---

BARISTAND INDUSTRI PALEMBANG