Penerapan E-Commerce dan Inovasi Kemasan untuk Produsen Pia Kota Palembang

Guntoro Barovih, Nurussama Nurussama

Abstract


Pia adalah makanan yang terbuat dari campuran kacang hijau dengan gula, yang dibungkus dengan tepung, lalu dipanggang. Mitra dalam kegiatan ini adalah Ibu Siti Fatimah dan Bapak Ahmad Adi Setia Budi yang merupakan produsen pembuat pia. Mitra I usaha Ibu Siti Fatimah bertempat di jalan Sirna Raga Kecamatan Kemuning Kelurahan Pipa Reja, sedangkan usaha Bapak Ahmad Adi Setia Budi bertempat di jalan Sukawinatan lr. Sukarela Kelurahan Sukajaya Kecamatan Sukarami. Kondisi saat ini, terdapat beberapa kendala dalam produksi pia, yaitu desain kemasan produk yang sederhana, serta keterbatasan dalam pemasaran. Berdasarkan kendala yang dihadapi, maka telah dilakukan kegiatan bertahap mulai dari sosialisasi, pelatihan kemasan, hingga pemasaran produk melalui media daring.  Metode pengembangan yang digunakan dengan metode waterfall, database MySQL dan bahasa pemrograman PHP. Berdasar tanya jawab pada saat awal kegiatan terungkap bahwa kendala yang dihadapi dari mitra 1 dan mitra 2 adalah selama ini mitra tidak mengetahui desain kemasan kekinian, peralatan yang baik untuk mengemas dan pemasaran secara daring. Berdasar dari identifikasi awal ini maka pemberian pengetahuan dan ketrampilan tentang cara mengemas produk yang lebih baik sangatlah tepat, kemudian pembuatan web dan penerapan penjualan pia melalui website menjadi langkah baik untuk kedua mitra. Kegiatan ini dimulai dengan sosialisasi, pemberian peralatan sebagai alat bantu kemasan seperti mesin press kemasan dan modem internet kemudian pelatihan desain produk dan penerapan penjualan produk pia melalui website.

Kata Kunci : e-commerce, inovasi, kreatif, SME’s


Full Text:

PDF

References


Adiya, A., Agus Triono, R., & Kusanti, J. (2015). Pembuatan Website E-Commerce Pada Toko Mainan dan Figure Hazashop Semarang. Jurnal EPUB (Electronic Publication).

Al-Amin, M., & Maro’ah, S. (2017). Geliat Usaha Mikro Ibu-Ibu Rumah Tangga Dari Keluarga Miskin Pembutan Abon Bandeng dan Kecap di Gunung Anyar Kota Surabaya. Aksiologiya : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 126–134.

Angraina Fitri, D. P. N. B. (2018). Pelatihan Desain dan Promosi Online Produk Kerupuk Ikan dan Kerupuk Sagu di Kuala Alam Kecamatan Bengkalis. Jurnal Babotoh, 3(1), 48–54. Retrieved from https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Batoboh

Cristianto, & Riki. (2018). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis WEB Hi Gadget Store. JURSIMA (Jurnal Sistem Informasi Dan Manajemen), 6(1).

Fuad, M., Putri, T., Bulan, L., & Chandra, R. (2018). Pendampingan Pembuatan Merek Usaha , Desain Kemasan Serta Pengurusan IUMK Sebagai Upaya Penguatan Daya Saing Produk Terasi Desa Simpang Lhee Kecamatan Langsa Barat – Kota Langsa, 2(1), 1–8.

Hardian, & Kemala, D. (2018). Perancangan Desain Kemasan Produk Minuman Teh Dengan Metode Quality Function Deployment (QFD). Jurnal Teknik Industri, 5(1), 36–47.

Irmawati, D. (2011). Pemanfaatan E-commerce Dalam Dunia Bisnis. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis, 2(6), 95–112.

Ketut Dewi Ari Jayanti, N., & Bagus Suradarma, I. (2016). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Meningkatkan Nilai Jual dan Pemasaran bagi UKM Kopi Bali. Majalah Aplikasi Ipteks NGAYAH, 7, 224–231.

Laily Fithri, D., Prasetyo Utomo, A., & Nugraha, F. (2017). Pemanfataan E-Commerce Populer Untuk Optimalisasi Pemasaran Produk Pada KUB Bordir Kurnia Kudus. Jurnal Simetris, 8(2), 819–824.

Mas’ud, M. (2017). Pemanfaatan Teknologi Sistem Informasi untuk Meningkatkan Penjualan Hasil Produk UMKM Logam di Kota Pasuruan. Jurnal Engagement, 1(2), 185–197.

Nasution, M. I., Prayogi, M. A., Mirsya, S., & Nasution, A. (2017). Pembinaan Pengelolaan Manajemen Usaha dan E-Marketing Pada Pelaku Usaha Industri Mikro Pengrajin Sepatu di Kecamatan Medan Denai, 23(2), 292–299.

Rachman, A. N., Muhamad, C., Ramdani, S., Kunci, K., & Geulis, K. (2016). IbM Pelatihan Pemanfaatan E-Commerce Sebagai Media Pemasaran Global Untuk Peningkatan Penjualan Produk Kelom Geulis ( Studi Kasus : UKM kelom geulis Tamansari Tasikmalaya). Jurnal Siliwangi, 2(1), 64–68.

Rizky Hantoro, M., & Mardiono, B. (2018). Eksplorasi Desain Kemasan Berbahan Bambu sebagai Produk Oleh-oleh Premium dengan Studi Kasus Produk Makanan UKM Purnama Jati Jember. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 7(1), 68–71.

Rofieq, M., Poerwanto, A., & Budiyanto, H. (2017). Pelatihan Desain Kemasan Produk Untuk UMKM Kerajinan, Kuliner dan Posdaya. Jurnal Abdimas Unmer Malang, 2(2), 1–6.

Sidharta, I., & Suzanto, B. (2015). Pengaruh Kepuasan Transaksi Online Shopping Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Sikap Serta Perilaku Konsumen Pada E-Commerce, 9(1), 23–36.

Sommerville, I. (2011). Software Engineering (Rekayasa Perangkat Lunak). Jakarta: Penerbit Andi.

Sulistyorini, I., & Setia Utami, B. (2018). Perancangan Kemasan Muria Batik Kudus Untuk Memperkenalkan Kebudayaan Lokal Kota Kudus. Jurnal Andharupa (Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia), 04(02), 173–187.

Wibowo, A. T. (2013). Pembuatan Aplikasi E-Commerce Pusat Oleh-oleh Khas Pacitan Pada Toko Sari Rasa Pacian. Jurnal IJNS (Indonesian Journal on Networking and Security), 2(4), 62–67. Retrieved from http://ijns.org


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Prosiding Seminar Nasional Hasil Litbangyasa Industri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Panitia Seminar Nasional Hasil Litbangyasa Industri II Tahun 2019

---Hilirisasi Industri Berbasis Sumber Daya Alam Lokal Dalam Menghadapi Tantangan Industri 4.0 ---

BARISTAND INDUSTRI PALEMBANG