Pengaruh variasi komposisi bahan pengisi carbon black dan silika pada sifat viskoelastis kompon karet untuk tread ban

Dewi Kusuma Arti, Riastuti Fidyaningsih, Amilatin Rohmah, Lies A Wisojodharmo, Henny Purwati

Abstract


Sifat reologi dan viskoelastis pada kompon karet, terutama kompon tread ban, sangat dipengaruhi oleh jenis karet serta bahan pengisi yang digunakan. Kedua sifat ini sangat mempengaruhi hasil akhir dari produk karet terutama dalam hal sifat mekanisnya. Dalam pengembangan suatu produk, penelitian mengenai kedua sifat ini sangatlah penting untuk memperoleh formulasi yang optimum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sifat reologi dan viskoelastis dari kompon tread ban menggunakan bahan dasar karet alam (NR) dan butadiene rubber (BR) dengan memvariasikan komposisi bahan pengisi yaitu carbon black dan silika. Bahan dasar NR dan BR dengan rasio 85/15 phr dicampur dengan menggunakan alat kneader, sementara rasio bahan pengisi carbon black/silika adalah: 50/0, 40/10, 25/25, 10/40, dan 0/50 phr. Sifat reologi dan viskositas diuji dengan menggunakan rubber process analyzer (RPA) TA Instrument Elite dan dynamic mechanical analyzer (DMA) 7100 Hitachi. Pengujian RPA dilakukan dengan menggunakan variasi frekuensi dari 0.01-50 Hz pada suhu 1000C dengan amplitudo tetap 10 dan variasi amplitude dari 0,05-3,59 pada suhu 900C dengan frekuensi tetap 1 Hz. Sedangkan pengujian viskoelastis dengan DMA dilakukan menggunakan metode tension-compression dengan rentang suhu pengujian pada -800 – 800C. Hasil uji RPA menunjukkan penambahan silika mempengaruhi interaksi antar bahan pengisi yang ditunjukkan dengan perbedaan pada efek Payne. Energi disipasi juga menunjukkan kecenderungan menurunkan heat build up, meningkatkan sifat mekanis dan memperbaiki ketahanan abrasi pada produk karet dengan tambahan silika sebagai bahan pengisi. Hal ini juga didukung oleh hasil uji DMA yang  menunjukkan wet skid resistance pada penggunaan silika yang sebanding dengan penggunaan carbon black saja dan rolling resistance yang meningkat signifikan dengan penambahan silika.

Full Text:

PDF

References


Bachmann, J. H., Sellers, J. W., Wagner, M. P., & Wolf, R. F. (1959). Fine particle reinforcing silicas and silicates in elastomers. Rubber Chemistry and Technology, 32(5), 1286-1391.

https://doi.org/10.5254/1.3542491

Boonstra, B. B., & Medalia, A. I. (1963). Effect of carbon black dispersion on the mechanical properties of rubber vulcanizates. Rubber Chemistry and Technology, 36(1), 115-142. https://doi.org/10.5254/1.3539530

Ciesielski, A. (1999). An introduction to rubber technology. Rapra Technology Limited, United Kingdom.

Donnet, J. B. (1998). Black and white fillers and tire compound. Rubber Chemistry and Technology, 71(3), 323-341. https://doi.org/10.5254/1.3538488

Goerl, U., Hunsche, A., Mueller, A., & Koban, H. G. (1997). Investigations into the silica/silane reaction system. Rubber Chemistry and Technology, 70(4), 608-623. https://doi.org/10.5254/1.3538447

Guy, L., Daudey, S., Chocet, P., & Bomal, Y. (2009). New insight in the dynamic properties of precipitated silica filled rubber using a new high surface silica. Kautschuk Gummi Kunststoffe, 62(7-8), 383-391.

Kantala, C., Wimolmala, E., Sirisinha, C., & Sombatsompop, N. (2009). Reinforcement of compatibilized NR/NBR blends by fly ash particles and precipitated silica. Polymer Advanced Technology, 20(5), 448-458. https://doi.org/10.1002/pat.1293

Katueangngan, K., Tulyapitak, T., Saetung, A., Soontaranon, S., & Nithi-uthai, N. (2016). Renewable interfacial modifier for silica filled natural rubber compound. Procedia Chemistry. 19, 447-454. https://doi.org/10.1016/j.proche.2016.03.037

Krejsa, M. R., & Koenig, J. L. (1993). A review of sulfur crosslinking fundamentals for accelerated and unaccelerated vulcanization. Rubber Chemistry and Technology. 66(3), 376-410. https://doi.org/10.5254/1.3538317

Li, Y., Han, B., Wen, S., Lu, Y., Yang, H., Zhang, L., & Liu, L. (2014). Effect of the temperature on surface modification of silica and properties of modified silica filled rubber composites. Composites Part A: Applied Science and Manufacturing, 62, 52-59.

Sengloyluan, K., Sahakaro, K, Dierkes, W. K., & Noordermeer, J. W. M. (2014). Silica-reinforced tire tread compounds compatibilized by using epoxidized natural rubber. European Polymer Journal, 51, 69-79. https://doi.org/10.1016/j.eurpolymj.2013.12.010

Seyvet, O., & Navard, P. (2000). Collision-induced dispersion of agglomerate suspensions in a shear flow. Journal of Applied Polymer Science, 78, 1130-1133.

Wisojodharmo, L. A., Fidyaningsih, R., Fitriani, D. A., Arti, D. K., Indriasari, I., & Susanto, H. (2017). The influence of natural rubber-butadiene rubber and carbon black type on the mechanical properties of tread compound. IOP Conference Series: Material Science and Engineering. https://doi.org/10.1088/1757-899X/223/1/012013




DOI: http://dx.doi.org/10.20543/mkkp.v34i1.3437

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Dewi Kusuma Arti, Riastuti Fidyaningsih, Amilatin Rohmah, Lies A. Wisojodharmo, Henny Purwati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

MKKP indexed by:

Cover Page Cover Page     Cover Page    Cover Page     Cover Page     Cover Page     Cover Page     Cover Page     Cover Page     Cover Page    Cover Page    Cover Page    Cover Page     Cover Page     Cover Page   Cover Page   Cover Page   Cover Page   Cover Page              

 

 

 

Free counters!