Pembuatan seal tabung gas karet alam dengan filler pasir kuarsa sebagai pengganti karbon hitam

Suharman Suharman, M. Harun

Abstract


This research aimed to make natural rubber-based gas cylinder seals with quartz sand as the filler to replace carbon black. The experiments consisted of the use of 10 phr, 20 phr, 30 phr, 40 phr, and 50 phr of quartz sand. The gas cylinder seals produced underwent a test according to the Indonesian National Standard (SNI) 7655:2010. The test generated the following results: the value of hardness ranged from 51±6 to 60±5 Shore A, the value of tensile strength ranged from 67 to 72 kg/cm2, the value of elongation at break ranged from 414 to 457%, the value of the compression set ranged from 25 to 61%, after aging, and ozone resistance with no cracks. Natural rubber-based gas cylinder seals with quartz sand as the filler to replace carbon black met the requirements specified by SNI 7655:2010 in terms of the criteria of hardness, elongation at break, after aging and ozone resistance.

Keywords: quartz sand, carbon black, gas cylinder seal.

 


Full Text:

PDF

References


Arizal. R., (1984). Pengetahuan dasar elastomer. Bogor, Indonesia: Balai Penelitian Teknologi Karet.

Bahri, S. (2015). Pemanfaatan batu apung dan clay pada pembuatan kompon karet bantalan kaki sepeda motor. Jurnal Tekmi, 2(1), 33–37.

Bondan, A. T. (2013). Nano brushing rubber sebagai bahan pengisi dalam pembuatan karet tromol kendaraan bermotor roda dua. Jurnal Dinamika Penelitian Industri, 24(2), 82–89.

BSN, (Badan Standardisasi Nasional). (2010). Standar Nasional Indonesia SNI 7655.2010: Karet perapat (rubber seal) pada katup tabung LPG. Jakarta, Indonesia: BSN.

Cifriadi, A. (2016). Pengetahuan bahan untuk pembuatan produk karet (Makalah Pelatihan). Palembang, Indonesia: Balai Riset dan Standardisasi Industri Palembang.

Cifriadi, A., & Maspanger, D. (2005). Sifat teknis vulkanisat sol sepatu karet alam menggunakan bahan pengisi abu terbang. Bogor, Indonesia: Balai Penelitian Teknologi Karet.

Daud, D. (2015). Kaolin sebagai bahan pengisi pada pembuatan kompon karet: Pengaruh ukuran dan jumlah terhadap sifat mekanik fisik. Jurnal Dinamika Penelitian Industri, 26(1), 41–48.

Fachry, A. R., Sari, T. I., Putra, B. A., & Kristianto, D. A. (2012). Pengaruh penambahan filler kaolin terhadap elastisitas dan kekerasan produk souvenir dari karet alam (Hevea brasiliensis). Dalam Seminar

Nasional Teknologi Oleo dan Petrokimia Indonesia (TOPI). Pekanbaru: Jurusan Teknik Kimia Universitas Riau.

Fachry, A. R., Sari, T. I., Sthevanie, S., & Susanti, S. (2014). Pengaruh filler campuran silika dan kulit kerang darah terhadap sifat mekanis kompon sol sepatu dari karet alam. Jurnal Teknik Kimia, 20(3), 1-11.

Haryadi, B. (2000). Pengaruh bahan pengisi terhadap sifat kompon barang jadi karet untuk sol sepatu menggunakan carbon black. Palembang, Indonesia: Balai Litbang Industri Palembang.

Marlina, P., Pratama, F., Hamzah, B., & Pambayun, R. (2015). Karakteristik kompon karet dengan bahan pengisi arang aktif tempurung kelapa dan nano silika sekam padi. Jurnal Teknologi Industri Pertanian, 25(1), 85–93.

Marlina, P., & Rahmaniar. (2012). Penggunaan bahan pengisi nano komposit silika karbida pada pembuatan kompon ban dalam kendaraan bermotor roda dua. Jurnal Dinamika Penelitian Industri, 23(2), 91–98.

Nasution, D. Y. (2006). Pengaruh ukuran partikel dan berat abu sekam padi sebagai bahan pengisi terhadap sifat kuat sobek, kekerasan dan ketahanan abrasi kompon. Jurnal Sains Kimia, 10, 86–91.

Nella, F., Fachry, A. R., & Suharman, S. (2016). Mempelajari sifat fisika sol karet cetak dengan filler cangkang telur ayam. Jurnal Dinamika Penelitian Industri, 27(1), 69–75.

Nuyah, N. (2012). Penggunaan arang cangkang sawit sebagai bahan pengisi dalam pembuatan kompon selang karet. Jurnal Dinamika Penelitian Industri, 23(1), 51-56.

Prasetya, H. A. (2012). Arang aktif serbuk gergaji sebagai bahan pengisi untuk pembuatan kompon ban luar kendaraan bermotor. Jurnal Riset Industri, 7(2), 165–173.

Prasetya, H. A., & Marlina, P. (2013). Penggunaan sekam padi sebagai bahan pengisi dan antioksidan pada pembuatan kompon karet. Jurnal Dinamika Penelitian Industri, 24(2), 66–73.

Sasongko, A. R. (2012). Studi pengaruh ukuran partikel dan jumlah phr carbon black sebagai bahan pengisi terhadap sifat mekanik produk karet alam (Skripsi). Universitas Indonesia.

Sodik, S. (1995). Inventarisasi endapan lempung dan pasir kuarsa di daerah limapuluh koto (Laporan). Kabupaten Limapuluh Koto, Indonesia: Dinas ESDM.

Vachlepi, A., & Suwardin, D. (2015). Kajian pembuatan kompon karet alam dari bahan pengisi abu briket batubara dan arang cangkang sawit. Jurnal Dinamika Penelitian Industri, 26(1), 1–9.




DOI: http://dx.doi.org/10.20543/mkkp.v33i1.2123

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Suharman Suharman, M. Harun

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

MKKP indexed by:

Cover Page Cover Page     Cover Page    Cover Page     Cover Page     Cover Page     Cover Page     Cover Page     Cover Page     Cover Page    Cover Page    Cover Page    Cover Page     Cover Page     Cover Page   Cover Page   Cover Page   Cover Page   Cover Page              

 

 

 

Free counters!