PERENCANAAN SISTEM SALURAN DAN PENAMBAHUNTUK MENGURANGI CACAT PRODUK CORAN KOMPONEN PERALATAN PABRIK

Jimmy G. Simanjuntak, Pander Sitindaon, Hitman Pardosi, Dewi Kusumawaty

Abstract


Cacat pengecoran merupakan masalah yang sering di jumpai pada industri pengecoran logam. Permasalahan ini dapatmenimbulkan naiknya biaya produksi untuk melakukan perbaikan bahkan produksi ulang. Salah satu faktor yang mengakibatkan cacat produk cor adalah masalah sistem salurandan penambah. Untuk mengurangi masalah cacat tersebut di perlukan perhitungan sistem saluran dan penambah yang sesuaisehingga dimensi dari sistem saluran dapat memperlancar aliran material cair yang masuk ke dalam rongga cetak dengan tepat dan cukup untuk menghasilkan produk coran.

Keywords


cacat pengecoran; biaya produksi; sistem saluran dan penambah;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Achyarsyah, M. Perancangan Coran Steel Cam Sprocket dengan Menggnakan Simulasi Komputer Magmasoft,

Tesis, Institut Teknologi Bandung, 2006.

Akuan, A. “Teknik Pengecoran dan Pelebuan Logam”, Modul Praktikum, Laboratorium Teknik Produksi Jurusan Teknik Metalurgi Fakutas Teknik Universitas Jenderal Achmad Yani, Bandung, 2010.

Surdia T.,Chijiwa K, Teknik Pegecoran Logam, Balai Pustaka, Jakarta, 2013 Suprapto, W, Porositas Gas pada Material Duralumin dalam Pengecoran Sistem Vakum, Disertasi, Fakultas Teknik Program Studi teknik Metalurgi dan Material Universitas Indonesia, Jakarta, 2011.

Yudianto, O. Perancangan Coran (Sistem Saluran dan Penambah) dengan Software Simulasi pada Kasus Crankshaft, Tesis, Institut Teknologi Bandung, 2006.Yudianto, O. “Perancangan Coran”, Politeknik Manufaktur Bandung, 2009https://hapli.wordpress.com/foundry/teknik-perancangan pengecoran/perhitungan-sistem-saluran/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.