ANALISA STRUKTUR FISIK SERAT YANG BERASAL DARI KELUARAN BELT PRESS INDUSTRI KERTAS

Harry Parulian Limbong

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah didalam kertas bekas (daur ulang) keluaran dari belt press masih terdapat serat khususnya serat yang panjang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi struktur fisik padatan kertas yang keluar khusus dari belt press dan untuk mengetahuinya maka sampel/contoh dikarakterisasi dengan memakai SEM (Scanning Elektron Microscopy). Berdasarkan hasil pengujian alat SEM terhadap padatan berserat yang berasal dari keluaran belt press industri kertas daur ulang pada perbesaran 1000 kali dan perbandingan skala panjang 1 cm = 0,01 mm, dapat diketahui bahwa perbandingan volume serat  panjang lebih sedikit bila dibandingkan dengan serat pendek. Kemudian berdasarkan panjang = 17 x 0,01 m =0,17 mm. Kemudian berdasarkan pembesar  2500 x dan perbandingan skala panjang 1 cm = 0,1 mm, dapat dilihat pada citra, bercak-bercak yang nampak adalah bahan pengotor, yang disinyalir adalah plastik.


Keywords


SEM; Serat Panjang; Kertas Bekas; Citra;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


_________, 2012, Kajian Penggunaan Kertas Daur Ulang (Waste Paper) sebagai Bahan Baku Industri Kertas, Balai Besar Pulp dan Kertas, Kementerian Perindustrian.

Masriani, R dan T Hidayat, 2009, Pengembangan Metode Pengukuran Kemampuan Daur Ulang Kertas, Berita Selulosa, Vol. 4 No. 3, hal. 66-75.

Wawa H, L Santoso dan M Suparman, 2007, Berita Selulosa, Vol. 12 No. 1, Pemanfaatan Limbah Padat Berserat Industri Kertas sebagai Bahan Pembuatan Partisi di IKM, hal. 29-34.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.