OPTIMASI PENAMBAHAN ASAM ANORGANIK TERHADAP DAYA SERAP ADSORBEN BERBASIS FLY ASH

Marisa Naufa

Abstract


Fly Ash merupakan salah satu limbah yang dihasilkan dari pembakaran batu bara. Selama ini sudah mulai dimanfaatkan sebagai bahan baku pengecoran, adsorben dan sebagainya. Pemanfaatan Fly Ash sebagai adsorben harus melalui tahap aktivasi dengan memodifikasi sifat fisik Fly Ash sehingga meningkatkan kapasitas adsorbsinya. Modifikasi sifat fisik dan kimia telah dilakukan untuk meningkatkan kapasitas adsorbsi Fly Ash sebagai adsorben menggunakan H2SO4 dengan variasi konsentrasi yang berbeda-beda. Penambahan H2SO4 optimal didapatkan pada konsentrasi 10% dengan waktu refluks 2 jam. Pada konsentrasi H2SO4 diatas 10% yakni 12,5 dan 15% terjadi penurunan kadar SiO2 dan peningkatan kadar Al2O3 yang disebabkan karena semakin tinggi konsentrasi H2SO4  maka semakin tinggi viskositasnya. Viskositas yang tinggi menyebabkan larutan H2SO4 semakin kental sehingga sulit untuk melarutkan aluminium. Selain itu sifat Amfoter logam alumina yang dapat larut dengan basa dan asam. Asam Sulfat encer dapat dengan mudah melarutkan logam alumina.


Keywords


Fly Ash; Adsorben; Batu Bara;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Alberty, R., A and Daniels, F. 1983. Physical Chemistry. New York : John Willey and Sons.

Basuki, K. T., 2007, Penurunan Konsentrasi CO dan NO2 pada Emisi Gas Buang menggunakan Arang Tempurung Kelapa yang Disisipi TiO2. Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir: Batan, Yogyakarta.

Gates, B.C. 1992. Catalytic Chemistry. New York: John Wiley and Sons Inc.

Gonzales, M. D., dkk., 2001. Comparison of dealumination of zeolites beta, mordenite and ZSM-5 by treatment with acid under microwave irradiation.

Marisa Naufa, Azwardi. 2017. Karakterisasi dan Pembuatan Adsorben dari Fly Ash PT. Evergreen International Paper. Volume : 12. No. 24, Desember 2017: 49-54

Novia, 2010. Pembuatan Adsorben dari Fly ash Hasil Pembakaran Batubara untuk Mengadsorbsi Logam Besi (Fe). Skripsi Jurusan Teknik Kimia Universitas Sriwijaya.

Supeno, 2007. Bentonit Alam Terpilar sebagai Material Katalis/Co Katalis Pembuatan Gas Hidrogen dan Oksigen dari Air. Sumatera Utara: JurusanKimia Universitas Sumatera Utara.

Surdjani, dkk., 2014, Karakterisasi dan Uji Kemampuan Serbuk Ampas Kelapa Asetat sebagai Adsorben Belerang Dioksida (SO2).

Siti Irma Yusyniyyah, 2017. Adsorpsi Logam Cu, Fe, Dan Pb Pada Limbah Laboratorium Kimia Uin Maliki Malang Menggunakan Zeolit Alam Teraktivasi Asam Sulfat (H2so4) Dengan Variasi Konsentrasi. Kimia, FMIPA, Universitas Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Vogel. 1985. Buku Teks Analisis Anorganik Kualitatif Makro dan Semimikro. Edisi kelima. Bagian I. PT. Kalman Pustaka : Jakarta

Webar, 1995, Toxic Organic Chemicals in Porous Media, Elsevier Ltd, Oxford, UK.

Widiharti, I., A., G. 2008. Adsorpsi Anion Cr(VI) Oleh Batu Pasir Teraktivasi Asam Dan Tersalut Fe2O3. (http://ejournal.unud.ac.id/abstrak/j-kim-vol2-no1-widihati.pdf) diunduh pada tanggal 14 Oktober 2011.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.