Model Bisnis Pascapandemi untuk IKM Amplang

Deasy Kartika Rahayu Kuncoro, Wara Widyarini Endah Saptaningtyas

Abstract


Peluang pengembangan industri makanan di Indonesia sangat besar. Di Kalimantan Timur, Pemerintah memiliki tiga arah kebijakan pembangunan yakni integrasi produksi hulu hilir, industri pengolahan, dan skala ekonomi untuk meningkatkan ekspor. Transformasi perekonomian pascapandemi membawa para pelaku industri untuk mengubah cara dan kebiasaan dengan beradaptasi sesuai konsep normal baru. Industri amplang sebagai industri makanan di sektor industri pengolahan termasuk yang terdampak oleh pandemi. Amplang merupakan satu jenis makanan tradisional dari olahan ikan di wilayah Kalimantan Timur. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan dan merancang model bisnis terkait strategi untuk industri amplang agar dapat beradaptasi dan berkembang di masa pascapandemi. Salah satu alat pemetaan dan perancangan model bisnis yang mudah dipahami oleh pelaku usaha adalah Business Model Canvas (BMC). BMC dinilai mampu memberikan perspektif luas dalam menyajikan strategi penguatan kompetensi industri dan usaha. Berdasarkan model BMC yang dibangun, dapat disimpulkan bahwa rekomendasi strategi bisnis berfokus pada konsumen terkait komponen sisi kreatif bisnis industri amplang dimana komponen pertama adalah customer segments, yaitu dengan membuat kelompok target pasar, kedua customer relationship, yaitu dengan menjalin hubungan dan membangun merk yang mengacu pada kelompok target pasar, dan ketiga channels, yaitu dengan menyesuaikan ber

Keywords


Amplang, Bisnis model kanvas, Strategi Industri 5.0

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Anggraini, N. 2020. Analisis Usaha Mikro dengan Pendekatan Business Model Canvas (BMC). Ekonomi Dan Bisnis, 6(2), 139. https://doi.org/10.35590/jeb.v6i2.1313

Arsiwi, P., dan Adi, P. W. 2020. Interpretive Structural Modelling Untuk Meningkatkan Daya Saing Rantai Pasok UKM Mina Indo Sejahtera. Jurnal PASTI, 14(1), 26–36. https://doi.org/10.22441/pasti.2020.v14i1.003

Azhar, R. M., Suparno, O., dan Djohar, S. 2018. Pengembangan Model Bisnis pada Lokawisata Baturaden Menggunakan Business Model Canvas. MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 12(2), 137. https://doi.org/10.29244/mikm.12.2.137-144

Delmayuni, Hubies, M., dan Cahyadi Eko, R. 2017. Strategi Peningkatan Daya Saing UMKM Pangan di Palembang. Buletin Ilmiah Litbang Perdagangan, 11(N01), 97–122.

Fatimatuzzahro Diah PD, R. S. dan M. 2016. Pengukuran Dan Perbaikan Kinerja Rantai Pasok Ukm Lapis Bogor Sangkuriang Untuk Meningkatkan Daya Saing Ukm. Journal of Agroindustrial Technology, 26(2), 199–206.

Febriyantoro, M. T., dan Arisandi, D. 2018. Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175

Fitriasari, F. 2020. How Do Small and Medium Enterprise (SME) Survive The COVID-19 Outbreak? Jurnal Inovasi Ekonomi, 5(02), 53–62. https://doi.org/10.22219/jiko.v5i3.11838

Frow, P., McColl-Kennedy, J. R., Hilton, T., Davidson, A., Payne, A., dam Brozovic, D. 2014. Value Propositions: A service Ecosystems Perspective. Marketing Theory, 14(3), 327–351. https://doi.org/10.1177/1470593114534346

Garmann-johnsen, N. F., Olsen, D. H., dan Eikebrokk, T. R. 2021. The Co-creation Canvas. Procedia Computer Science, 181(2019), 189–197. https://doi.org/10.1016/j.procs.2021.01.120

Ghazian, A., Hossaini, M. H., dan Farsijani, H. 2016. The Effect of Customer Relationship Management and its Significant Relationship by Customers’ Reactions in LG Company. Procedia Economics and Finance, 36(16), 42–50. https://doi.org/10.1016/s2212-5671(16)30014-4

Ginting, A. P., Hubeis, M., dan Fahma, F. 2019. Strategi Pengembangan UMKM Pangan Berdaya Saing di Kota Bandung. Manajemen IKM, 14(1), 1–7. https://doi.org/10.29244/mikm.14.1.1-7

Hairiyah, N., dan Amalia, R. R. 2021. Peningkatan Produktivitas Pemasaran Yamni Honey dengan Pendekatan Business Model Canvas (BMC) dan Analisis SWOT. Agrointek, 15(1), 374–380.

Hanifawati, T., dan Suryantini, A. 2015. Meningkatkan Daya Saing IKM Makanan Melalui Inovasi Produk dan Kemasan. Prosiding Manajemen Dinamic UNNES, 1–17.

Hartatik, ., dan Baroto, T. 2017. Strategi Pengembangan Bisnis Dengan Metode Business Model Canvas. Jurnal Teknik Industri, 18(2), 113. https://doi.org/10.22219/jtiumm.vol18.no2.113-120

Herawati, N., Lindriati, T., dan Suryaningrat, I. B. 2019. Penerapan Bisnis Model Kanvas Dalam Penentuan Rencana Manajemen Usaha Kedelai Edamame Goreng. Jurnal Agroteknologi, 13(01), 42. https://doi.org/10.19184/j-agt.v13i01.8554

Hossain, M., dan Hossain, K. 2015. Use Of SWOT And Delphi Method As A Strategy Making Tool Of Food Industry Management. 3(11), 91–98.

Jufriyanto, M. 2020. Strategi Peningkatan Daya Saing dan Pengembangan Usaha Kerupuk Ikan Tuna Hj. Zainah dengan Analytic Network Process. Jurnal Sains, Teknologi Dan Industri, 17(2), 65. https://doi.org/10.24014/sitekin.v17i2.9680

Kusniadji, S. 2016. Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Kegiatan Pemasaran Produk Consumer Goods ( Studi Kasus Pada PT Expand Berlian Mulia Di Semarang ). Jurnal Komunikasi, 8(1), 83–98.

Ladipo, P. K. A. 2017. The Influence of Marketing Intelligence on Business Competitive Advantage (A Study of Diamond Bank Plc). Journal of Competitiveness, 9(1), 51–71. https://doi.org/10.7441/joc.2017.01.04

Lukman, N. R. N. M., Syarief, R., dan Suparno, O. 2018. Strategi Pengembangan Model Bisnis Klaster Industri Produk Olahan Susu Cipageran. Manajemen IKM, 13(1), 75. https://doi.org/10.29244/mikm.13.1.75-86

Matthew, K., Samuel, T., dan Patrick, K. 2012. Examining the Effect of Multi-Channel Product Distribution on Firms ’ Performance. 1(12), 90–103.

Moleong, L. J. 2008. Metodologi Penelitian KUalitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif (Revisi). PT. Remaja Rosdakarya. http://dx.doi.org/10.1016/j.appdev.2016.03.001%250Ahttps://www.bertelsmann-stiftung.de/fileadmin/files/BSt/Publikationen/GrauePublikationen/MT_Globalization_Report_2018.pdf%250Ahttp://eprints.lse.ac.uk/43447/1/India_globalisation%252C society and inequali

Nadia, N., Aziz, A., dan Samad, S. 2016. Innovation and Competitive Advantage : Moderating Effects of Firm Age in Foods Manufacturing SMEs in Malaysia. Procedia Economics and Finance, 35(October 2015), 256–266. https://doi.org/10.1016/S2212-5671(16)00032-0

Novák, P., dan Popesko, B. 2014. Cost Variability and Cost Behaviour in Manufacturing Enterprises. Economics and Sociology, 7(4), 89–103. https://doi.org/10.14254/2071-789X.2014/7-4/6

Nugraha, H. S., Ariyanti, F., dan Darwanto. 2017. Penerapan Branding Pada Ukm Makanan Ringan Di Kabupaten Jepara. Jurnal Administrasi Bisnis, 6(1), 16–23. https://doi.org/10.14710/jab.v6i1.16602

Osterwalder, A., Pigneur, Y., Smith, A., dan Movement, T. 2010. Business Model Generation. In Business Model Generation. John Wiley and Sons, Inc., Hoboken.

Premkanth, P. 2015. Market Segmentation and Its Impact on Customer Satisfaction with Especial Reference to Commercial Bank of Ceylon PLC. Market Segmentation and Its Impact on Customer Satisfaction with Especial Reference to Commercial Bank of Ceylon PLC, 12(17).

Saguy, I. S., & Sirotinskaya, V. 2016. Open Innovation Opportunities Focusing on Food SMEs. In Innovation Strategies in the Food Industry: Tools for Implementation. Elsevier Inc. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-803751-5.00003-9

Sajid, S. 2015. Social Media and Its Role in Marketing. Business and Economics Journal, 07(01), 1–5. https://doi.org/10.4172/2151-6219.1000203

Saptaningtyas, W. W. E., dan Kuncoro, D. K. R. 2020. A Proposed Model for Food Manufacturing in SMEs : Proceeding of the 5th NA International Conference on Industrial Engineering and Operations Management.

Sari, S. P. 2020. Strategi Meningkatkan Penjualan di Era Digital. Scientific Journal Of Reflection : Ekonomic, Accounting, Management Business, 3(3), 291–300. https://doi.org/10.5281/zenodo.3930698

Sawangchai, A., Prasarnkarn, H., Chanrawang, N., Hancharoen, W., dan Somwaythee, P. 2018. The Strategy Development of Small and Medium Enterprises (SMEs) of Accommodation and Food Service in Phuket. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 20(2), 122–128. https://doi.org/10.9744/jmk.20.2.122-128

Slávik, Š., dan Bednár, R. 2014. Analysis of Business Models. Journal of Competitiveness, 6(4), 19–40. https://doi.org/10.7441/joc.2014.04.02

Subandi. 2011. Deskripsi Kualitatif Sebagai Satu Metode Dalam Penelitian Pertunjukan. Harmonia: Journal of Arts Research and Education, 11(2), 173–179. https://doi.org/10.15294/harmonia.v11i2.2210

Susilowati, I. H. 2021. Bauran Pemasaran UMKM Sektor Kuliner Kota Bogor Di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 04(1), 282–291.

Sylvia Saragi Sitio, V. 2017. Strategi Bisnis Model dengan Pendekatan Business Model Canvas (Studi kasus di industri keci dan menengah (IKM) Bir Pletok Bu Lina di Kelurahan Ciracas, Jakarta Timur). Journal of Economics and Business Aseanomics (JEBA), 2(1), 1–16.

Thomason, S. 2013. Introducing the Social Business Model Canvas. The Young Foundation. http://youngfoundation.org/ventures/introducing-the-social-business-model-canvas-2/

Wardani, I., dan Solikah, N. 2019. Perumusan Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil dalam Upaya Peningkatan Dayasaing Produk Pertanian Lokal (Studi Kasus di Kabupaten Sukoharjo). Agric Jurnal Ilmu Pertanian, 31(2), 113–122.

Wijayanti, N., dan Hidayat, H. H. 2020. Business Model Canvas (BMC) sebagai Strategi Penguatan Kompetensi UMKM Makanan Ringan di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Jurnal Agroindustri Halal, 6(2), 114. https://doi.org/10.30997/jah.v6i2.2631

Wulandari, R. S., dan Putri, R. A. 2018. Perancangan Peningkatan Daya Saing UKM Bandengan di Kabupaten Siduarjo Dengan Metode Quality Function Deployment (QFD). Journal of Research and Technology, 4(2), 145–154. https://journal.unusida.ac.id/index.php/jrt/article/view/154

Yusanto, Y. 2020. Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. Journal of Scientific Communication (Jsc), 1(1), 1–13. https://doi.org/10.31506/jsc.v1i1.7764




DOI: http://dx.doi.org/10.26578/jrti.v15i2.6920



Copyright (c) 2021 Jurnal Riset Teknologi Industri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

JRTI is indexed by :

 

 

 

 

Flag Counter

 

 

 

 

 

 

______________________________________________________________________

Akreditasi S2 Vol.10 No.1 th 2016 s/d Vol.14 No.2 th 2020. p-ISSN : 1978-6891, e-ISSN : 2541-5905. 

    Creative Commons License

        Baristand Industri Samarinda