Karakterisasi Sifat Fisik Kimia Biodiesel dari Transesterifikasi Enzimatis dan Pengaruhnya terhadap Emisi Gas Buang

Ageng Priatni, Yuni Adiningsih, Fitriani Fitriani

Abstract


The background of this research is to use of fuel with natural resources and renewable plant-based that can reduce air pollution. This research conducted in order to determine the physical and chemical properties of biodiesel from palm oil and the effect on exhaust gas emission in diesel engines. Biodisel producted by enzymatic transesterification between  methanol and crude palm oil by pseudomonas fluorescens lipase as a catalyst. It’s characterized then blended with petroleum diesel with biodiesel volume ratio 10%:90% petroleum diesel (B10), biodiesel 20%:80%, petroleum diesel (B20) and biodiesel 30%:70%, petroleum diesel (B30) with diesel oil as a comparison (B0 ) is then applied and tested on a diesel engine exhaust gas emissions (SO2,NOX,CO,total particulate matter and opacity). The characterization of physical and chemical properties of biodiesel as follows: specific gravity 0.9068, kinematic viscosity 28.26 mm2/s, 50.5°C flash point , cluod point 18°C, the water content of 0.8% vol, residue carbone 0.941% wt and calorific value 9372.8 Cal/lb. Fuel mixture of biodiesel and petroleum diesel (B30) leads to a decrease in exhaust emissions of CO by 96.88 % , 18.35% of the total particles and B20 causes a decrease in SO2 emissions by 100 % of petroleum diesel. While a mixture of biodiesel and petroleum diesel (B30) leads to increase in NO2 emissions by 265.96% and did not give any influence on the opacity

ABSTRAK

Latar belakang penelitian ini adalah penggunaan bahan bakar dengan sumber daya alam nabati yang dapat terbarukan (renewable) dan pengurangan pencemaran udara. Sedangkan tujuan penelitian untuk mengetahui sifat fisik kimia biodiesel dari CPO dan pengaruhnya terhadap penurunan emisi gas buang pada mesin diesel. Biodiesel diperoleh dengan transesterifikasi enzimatis antara CPO dan Methanol dengan enzim lipase Pseudomonas Fluorescens sebagai katalis. Biodiesel yang dihasilkan kemudian dikarakterisasi dan kemudian dicampur dengan minyak solar dengan perbandingan volume biodiesel 10%: minyak solar 90% (B10), biodiesel 20%:minyak solar 80% (B20) dan biodiesel 30% : minyak solar 70% (B30) dengan minyak solar sebagai pembanding (B00). Aplikasi dilakukan pada mesin diesel dan diuji emisi gas buangnya (SO2, NOX, CO, Total partikel dan Opasitas). Karakterisasi sifat fisik kimia dari biodiesel sebagai berikut : specific gravity 0,9068, kekentalan kinematik 28,26 mm2/s, titik nyala 50,5°C, cluod point 18°C,  Kadar air 0,8%vol, residu karbone 0,941% wt dan calorific value 9372,8 Cal/gr. Bahan bakar campuran antara biodiesel dan minyak solar (B30) menyebabkan terjadinya penurunan emisi gas buang CO sebesar 96,88%, total partikel sebesar 18,35% dan B20 menyebabkan penurunan emisi gas SO2 sebesar 100% dari minyak solar. Campuran antara biodiesel dan minyak solar (B30) menyebabkan terjadinya kenaikan emisi gas NO2 sebesar 265,96% serta tidak memberikan pengaruh apa-apa terhadap opasitas.

Kata Kunci : Biodiesel, CPO, Emisi gas Buang, Enzimatis, Mesin Diesel

 



Keywords


Biodiesel, CPO, Diesel Engines, Enzymatic, Exhaust Emissions

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26578/jrti.v8i15.1550



Copyright (c) 2016 E-Jurnal Riset Teknologi Industri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

JRTI is indexed by :

 

 

 

 

Flag Counter

 

 

 

 

 

 

______________________________________________________________________

Akreditasi S2 Vol.10 No.1 th 2016 s/d Vol.14 No.2 th 2020. p-ISSN : 1978-6891, e-ISSN : 2541-5905. 

    Creative Commons License

        Baristand Industri Samarinda