Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Riset Industri Hasil Hutan?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Template naskah dapat diunduh di sini.

Naskah yang dikirimkan harus disertai dengan surat pernyataan ethical clearance yang dapat diunduh di sini.

Naskah yang dikirimkan harus mengikuti persyaratan-persyaratan berikut ini:

  1. Naskah/artikel yang diajukan merupakan hasil penelitian dalam bidang: a). Pengembangan Teknologi Pengolahan Kayu dari Hasil Hutan Alam, Hutan Tanaman   Industri,dan Hasil Hutan Perkebunan; b). Pengembangan Teknologi Pengolahan/ Pemanfaatan  Limbah Industri  Hasil Hutan Kayu, (limbah padat dan cair); atau Pengembangan Teknologi Pengolahan Hasil Hutan lainnya (Rotan, Bambu, dan Hasil Hutan sampingan termasuk pemanfaatan hasil limbahnya)
  2. Naskah belum pernah diterbitkan dan tidak sedang dalam proses review pada penerbitan yang lain.
  3. Penulisan naskah dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.
  4. Naskah harus dikirimkan secara online melalui website jurnal. Author harus melakukan login untuk mengirimkan naskah. Registrasi secara online tidak dikenakan biaya (GRATIS).
  5. Naskah terdiri tidak kurang dari 2,000 kata dan tidak lebih dari 12 halaman ukuran A4 termasuk didalamnya gambar dan tabel, tidak mengandung lampiran, ditulis menggunakan format microsoft word (.doc/.docx) dengan margin atas, kanan, dan bawah 2 cm dan 2,5 cm untuk kiri. Gambar dan tabel tidak boleh melebihi 25% dari keseluruhan isi tulisan.
  6. Judul, abstrak dan kata kunci harus ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
  7. Isi tulisan harus:
    • Ditulis dalam satu kolom, rata kanan-kiri, Arial 11, spasi tunggal, baris pertama indent 5 mm.
    • Terdiri dari empat bagian: I. Pendahuluan; II. Bahan dan Metode; III. Hasil dan Pembahasan; IV. Kesimpulan; diikuti dengan Ucapan Terimakasih dan Daftar Pustaka.
  8. Sub judul harus dibuat dalam empat level. Level kelima tidak dapat diterima.
    • Sub judul 1: Huruf pertama dalam kalimat dalam huruf kapital, rata kiri, Arial 11, huruf cetak tebal, spasi tunggal, penomoran dalam angka romawi diikuti dengan titik (contoh: I. PENDAHULUAN).
    • Sub judul 2: Huruf pertama dalam kalimat dalam huruf kapital, rata kiri, Arial 11, huruf cetak tebal, spasi tunggal,  penomoran dengan angka dua digit mengikuti urut sub judul 1 diakhiri dengan titik. (contoh: 2.1. Alat dan Bahan).
    • Sub judul 3: Huruf pertama dalam kata dalam huruf kapital, rata kiri, Arial 11, huruf cetak tebal, spasi tunggal, p penomoran dalam nomor tiga digit diikuti tanda titik dan nomor sub. (contoh: 3.1.1. Hasil Percobaan)
    • Sub judul 4 tidak direkomendasikan akan tetapi masih dapat diterima dengan format: Huruf pertama dalam kalimat dalam huruf kapital, huruf cetak miring, Arial 11, spasi tunggal, penomoran dalam huruf kecil diikuti dengan titik (contoh: a. Hasil percobaan lapangan).
    • Sub Judul 5, Sub judul 5 tidak diterima dalam naskah.
  9. Gambar dan tabel harus mudah dibaca dan dalam ukuran yang proporsional dengan keseluruhan halaman.  Nama gambar dan tabel harus diberi nomor, huruf Arial 11, spasi tunggal. Nama untuk tabel diletakkan di atas tabel dan nama untuk gambar diletakkan di bawah gambar. Untuk keperluan lay out, mohon menyertakan gambar atau tabel dalam format .tif/.jpg/.jpeg dan diunggah di supplementary file.
  10. Rumus matematika harus diketik dengan jelas, diberi nomor secara berurutan dan diberikan keterangan seperlunya.
  11. Header dan footer dan nomor halaman tidak perlu dicantumkan. Semua hypertext link dan bookmarks akan dihapus dari paper. Apabila ingin mencantumkan alamat email atau website dapat diketik dalam format font Arial 11.
  12. Sitasi dan daftar pustaka berdasarkan pada format APA6th dengan menggunakan software pengatur referensi. Pustaka yang dirujuk 80% terbitan 10 tahun terakhir, dan 80% berasal dari sumber acuan primer sebanyak minimal 10 pustaka dan 25 pustaka untuk naskah review; acuan primer tidak boleh diambil dari Wikipedia, blog pribadi, atau website non ilmiah; disusun menurut abjad nama penulis/ pengarang.
Dewan Redaksi berkewenangan penuh untuk menolak naskah atau merubah dan melakukan penyesuaian sesuai kaidah bahasa tanpa merubah substansi penulisan. Perubahan terkait substansi penulisan akan dikoordinasikan dengan penulis terlebih dahulu.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Naskah yang dikirimkan belum pernah diterbitkan sebelumnya dan tidak sedang dalam proses review pada jurnal yang lain.
  2. Naskah yang dikirimkan adalah hasil karya sendiri, tidak ada permasalahan plagiarisme dan tidak punya potensi konflik kepentingan.
  3. Naskah yang diupload disimpan dalam format Microsoft Word (.doc/.docx)
  4. Naskah diketik dengan spasi tunggal; dengan font Arial 11; menggunakan cetak miring bukan garis bawah, dan semua ilustrasi, gambar dan tabel diletakkan pada teks bukan di akhir naskah.
  5. Ketentuan terkait penulisan naskah sudah mengacu pada Author Guidelines yang dapat diunduh di About the Journal.
  6. Apabila mengirimkan peer-review jurnal, harap mengikuti petunjuk Ensuring Blind Review.
 

Copyright Notice

Penulis memegang hak cipta dan memberikan penerbit (JRIHH) hak untuk menerbitkan naskah pertama kali berdasarkan Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License dan mengijinkan pihak lain untuk menyebarluaskan naskah dengan mengutip penulis naskah dan penerbit pertama dari naskah.

Form copyright transfer dapat diunduh disini.

 

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang diinput ke website Jurnal Riset Industri Hasil Hutan akan digunakan secara eksklusif dan khusus hanya untuk kepentingan yang berkaitan dengan jurnal dan tidak akan diberikan akses kepada pihak lain atau untuk kepentingan lainnya.