Publication Ethics

Etika Penerbitan

Jurnal RisetIndustri (JRI) menjujung tinggi etika publikasi dan siap melakukan peninjauan hukum jika diperlukan. Jurnal menjamin bahwa pihak-pihak terkait seperti percetakan dan iklan atau sponsor tidak akan mempengaruhi editor dalam mengambil keputusan. Dewan redaksi memperbolehkan penulis untuk berkomunikasi dengan pernerbit, jurnal dan penulis lain untuk keperluan koneksi.

Tanggungjawab Penulis

Seorang penulis diharapkan menyampaikan hasil kerja/penelitian secara tulus dan sungguh-sungguh. Para penulis diharapkan untuk mempresentasikan karya asli, dan pengutipan atas tulisan orang lain secara tepat. Seorang penulis dilarang memasukkan tulisan yang sama untuk dipublikasi lebih dari satu jurnal. Lingkup kerja yang tercakup harus didasarkan pada pensitasian publikasi yang mempengaruhi. Penulis harus mengungkapkan pihak-pihak yang telah mendukung pelaksanaan penelitian hingga dihasilkan sebuah tulisan baik dalam bentuk sumber dana atau personil yang membantu.

Tanggungjawab Reviewer

Reviewer bertanggungjawab terhadap penulis dan editor dalam hal kerahasiaan naskah. Peer reviewer menjadi mekanisme utama sehingga kualitas naskah akan terpenuhi dalam standar penilaian. Unsur-unsur etika reviewer meliputi:

  • Kerahasiaan: Ulasan atau komentar reviewer harus dijaga kerahasiaannya.
  • Evaluasi konstruktif: Keputusan dan penilaian harus konstruktif sehingga dapat memberikan wawasan kepada penulis tanpa kontroversi.
  • Kompetensi: Reviewer dengan keahlian yang cukup akan membantu untuk tercapainya tujuan naskah.
  • Ketidakperpihaan dan integritas: Keputusan reviewer harus semata-mata tergantung pada prestasi ilmiah, relevansi terhadap subyek, ruang lingkup jurnal dibanding pertimbangan keuangan, ras, etnis dari seorang penulis.
  • Ketepatan waktu dan responsiveness: Reviewer harus bertanggungjawab terhadap penyelesaian review dalam jangka waktu yang relevan.

Tanggungjawab Editor dan Dewan Editor

Keputusan publikasi: Keputusan untuk menerbitkan sebuah artikel yang disampaikan kepada Jurnal Riset Industri (JRI) diambil oleh dewan redaksi. Editor harus tetap berpegang pada peraturan yang berkaitan pada pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta dan plagiarisme yang efektif. Editor berhak melaksanakan pengambilan keputusan dengan berkonsultasi pada reviewer atau anggota dewan redaksi.

Fair play: Editor harus mengevaluasi naskah berdasarkan pada pertimbangan muatan intlektual tanpa memandang ras, jenis kelamin, orentasi seksual, keyakinan/agama, etnis, kewarganegaraan/falsafah politik dari para penulis.

Kerahasiaan: Editor dan stiap satf editor tidak boleh menyebarluaskan informasi tentang naskah yang dikirim kepada siapapun kecuali kepada koresponden penulis, reviewer, reviewer potensial, penasehat editorial dan penerbit.

Tugas Umum Editor

  • Aktif dalam mencari penulis, pembaca, reviewer dan anggota dewan redaksi dalam rangka peningkatan performance jurnal
  • Mendorong dan memperhatikan penelitian-penelitian yang akan potensial menjadi peer-reviewer.
  • Menginisasi penurunan kesalahan akademik.
  • Menginisasi peneliti dalam hal mendapat bimbingan atau pendidikan tentang etika publikasi.
  • Mengkaji efek kebijakan jurnal terhadap penulis dan perilaku reviewer serta bersedia untuk melakukan revisi kebijakan tersebut sehingga dapat mendorong tindakan yang lebih bertanggungjawab dan dapat mencegah kesalahan.