KARAKTERISTIK KOMPON BAN DALAM KENDARAAN BERMOTOR RODA DUA DENGAN BAHAN PENGISI KARBON AMPAS TEBU

Hari Adi Prasetya

Abstract


Tujuan Penelitian ini untuk mendapatkan komposisi kompon ban dalam kendaraan bermotor roda dua yang sesuai
dengan SNI 06-1542-2006. Rancangan percobaan meliputi pengaruh bahan pengisi karbon dari ampas tebu
secara sendiri maupun kombinasi untuk pembuatan kompon ban dalam kendaraan bermotor roda dua. Adapun
variasi perbandingan karbon dari ampas tebu dan carbon black dalam phr, sebagai berikut : Perlakuan A (25 : 0),
Perlakuan B (18,75 : 6,25), Perlakuan C (12,5 : 12,5), Perlakuan D (6,25 : 18,75) dan Perlakuan E (0 : 25) masingmasing
diulang sebanyak 3 (tiga) kali. Hasil penelitian menunjukkan untuk semua perlakuan memenuhi syarat
mutu kompon ban dalam kendaraan bermotor SNI 06-1542-2006, kecuali untuk perlakuan A (perbandingan
konsentrasi karbon ampas tebu dan carbon black dalam phr (25 : 0), untuk tegangan putus, yaitu 11,18 N/mm2
dan perlakuan E (perbandingan konsentrasi karbon ampas tebu dan carbon black dalam phr, (0 : 25) untuk
ketahanan sobek, yaitu 7,35 N/mm2. Perlakuan terbaik adalah perlakuan C (perbandingan konsentrasi karbon
ampas tebu dan carbon black dalam phr, (12,5 : 12,5), dengan karakteristik kekerasan 52 Shore A, tegangan putus
14,45 kg/cm2, perpanjangan putus 814%, ketahanan sobek 7,95 N/mm2, pampatan tetap 11%, penurunan
kekerasan 52 Shore A, penurunan tegangan putus 1,56%, dan penurunan perpanjangan putus1,72%.

Kata kunci: karet kompon, bahan pengisi, karbon ampas tebu


Full Text:

PDF (Indonesian)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Hari Adi Prasetya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Our journal indexed by:




Copyright © Badan Penelitian dan Pengembangan Industri, 2016.(p-ISSN 1978-5852 | e-ISSN 2580-7366 ). Powered By OJS

Theme design credited to MEV edited by JRI