PENGARUH METODE PENGOLAHAN DAN UMUR PANEN KELAPA TERHADAP KUALITAS DAN KANDUNGAN SENYAWA FENOLIK VIRGIN COCONUT OIL (VCO)

Anton Muis

Abstract


Virgin Coconut Oil (VCO) adalah minyak kelapa yang diperoleh dari buah kelapa segar diproses secara mekanik atau alamiah dengan atau tanpa pemanasan, tanpa melalui pemurnian atau penambahan bahan kimia. Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui pengaruh metode pengolahan dan umur panen terhadap kualitas dan kandungan senyawa fenolik VCO. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan 2 (dua) perlakuan yaitu: metode pembuatan VCO dan umur panen kelapa, Pengujian kandungan senyawa fenolik secara kualitatif (screening fitokimia) dan komposisi asam lemak menggunakan Gas Chromatography Mass Spectro (GCMS). Disamping itu juga akan dilakukan pengujian rendeman dan kualitas minyak pada umumnya meliputi: kadar air, FFA dan Bilangan Peroksida. Data pengujian kemudian dianalisis secara deskritif. Hasil dari penelitian ini dapat dilihat bahwa semakin umur panen kelapa, rendemen VCO semakin tinggi begitupun sebaliknya.Rendemen tertinggi dihasilkan pada metode pengeringan kelapa parut dan yang terendah adalah dengan metode minyak pancing. Kadar air VCO yang dihasilkan dalam penelitiaan ini sesuai dengan standar menurut APPC 0,1 % - 0,5 % dan SNI VCO No. 7381 tahun 2008 kadar air maksimal 0.2%. Bilangan peroksida,Kadar FFA VCO tersebut sesuai dengan standar SNI VCO No.7381 tahun 2008 kadar FFA maksimal 0.2%, kecuali pada minyak yang berasal dari kopra putih (pembanding) memiliki kadar FFA 0.5%.Semakin meningkat umur panen buah kelapa kandungan total senyawa fenoliknya semakin meningkat namun total senyawa tokoferol dan flavonoid cenderung menurun . Total senyawa fenolik tertinggi pada pembuatan VCO dengan metode kelapa parut dan terendah yaitu metode pemanasan minimal. Total senyawa tokoferol terendah pada pengolahan VCO dengan metode menggunakan starter sedangkan yang tertinggi yaitu metode fermentasi spontan. Total senyawa flavonoid tertinggi yaitu pembuatan VCO dengan metode dari kelapa parut  dan yang terendah dengan metode minyak pancing.apabila didasarkan padakandungan asam laurat maka semua metode dan umur panen kelapa pada penelitian ini dapat digunakan dalam pembuatan VCO.

Kata kunci: VCO, Senyawa Fenolik


Full Text:

PDF

References


Alamsyah. 2005. Perpaduan Sang Penakluk Penyakit (VCO + Buah Merah). PT Agromedia Pustaka. Jakarta

Asian Pasific Coconut Community (APCC). 2004. Standards for Virgin Coconut Oil Discussion and Approval. Kuala Lumpur. Malaysia.

Bawalan, D.D, 2004. Frequently Asked Question on Virgin Coconut Oil. Cocoinfo Internasional. Vol.11.No.2, Philippine.

Kabara, Y.E. 2005. Health Oil From The Tree Of Life (Nutritional and Health Aspects of Coconut Oil), http: //www.coconut-connections.com / research.

Ketaren, S. 1986. Pengantar Teknologi Minyak dan Lemak Pangan. Penerbit Universitas Indonesia. Jakarta.

Muis, A. 2007. Aktivitas Antioksidan dan antifotooksidan Komponen Minor Virgin Coconut Oil. Tesis Program Pasca Sarjana Universitas Samratulangi. Manado

Muis, A. 2014. Pengembangan Ekstrak Minor Virgin Coconut Oil sebagai Pangan Fungsionall. Komunikasi Baristand Industri Manado

Nurdiana, Permatasari, N, Setyawati, Mulyohadi, A.1998. Efek Streptozotocin Sebagai bahan Diabetogenetik Pada Tikus Wistar Dengan Cara Pemberian Intraperitonial & Intravena. http://www.digilib.brawijaya.ac.id

Price, M. 2003. Coconut Oil for Health. Longevity Publishing House. USA

Setiadji, B dan S. Prayugo. 2006. Membuat VCO Berkualitas Tinggi. Penebar Swadaya. Jakarta.

Standar Virgin Coconut OIL SNI 7381: 2008

Winarno, F.G. 1995. Kimia Pangan dan Gizi. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Wardani, I.K. 2007. Uji Kualitas VCO Berdasarkan Cara Pembuatan Dari Proses Pengadukan Tanpa Pemancingan Dan Proses Pengadukan Dengan Pemancingan. Jurusan Kimia Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang.

Pontoh, J; Surbakti, M.Br dan Papilaya. 2008. Kualitas Virgin Coconut Oil Dari Beberapa Metode Pembuatan. Chem. Prog. Vol. 1, No. 1. Jurusan Kimia Fakultas MIPA UNSRAT Manado.

Aditiya, R; Rusmatilin, H dan Limbong, L.N. 2014. Optimasi Pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO) Dengan Penambahan Ragi Roti (saccharomyces erevisiae) dan Lama Fermentasi Dengan VCO Pancingan. Jurnal Rekayasa Pangan Dan Pertanian., vol.2 no.2 th. 2014. Program Studi Ilmu Dan Teknologi Pangan Fakultas Pertanian. USU

Setiadji, B; Prayogu, S. (2006). Membuat VCO Berkualitas Tinggi. Penebar Swadaya Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.33749/jpti.v8i2.2383

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Penelitian Teknologi Industri

Jurnal Penelitian Teknologi Industri

Balai Riset dan Standardisasi Industri Manado

Jalan Diponegoro No. 21-23 Manado 95112

Telepon (0431) 852395

pos-el :

brsmanado@yahoo.com

jpti.baristandmanado@yahoo.co.id

Website : http://baristandmanado.kemenperin.go.id/

 

Index By:

 crossref logo       google scholar logo           google scholar logo        google scholar logo

Copyright © Baristand Industri Manado, Powerd By OJS

kemenperin logo