Pembuatan dan Karakterisasi Plastik Biodegradable dari Limbah Polipropilena dan Pati Biji Durian dengan Penambahan Maleat Anhidrida Sebagai Agen Pengikat Silang

Tengku Rachmi Hidayani, Elda Pelota, Dyah Nirmala

Abstract


Penelitian dilakukan untuk menghasilkan plastik biodegradable dari pencampuran limbah polipropilena dan pati  biji durian dengan menambahkan maleat anhidrida sebagai agen pengikat silang dan benzoil peroksida sebagai inisiator. Plastik polipropilena yang digunakan bersumber dari limbah plastik polipropilena yang ada di pasaran dikenal sebagai plastik gula. Pati biji durian didapatkan dengan metode perendaman dengan air sadah dan pengendapan dengan akuades. Pada penelitian ini, dilakukan dengan berbagai variasi bahan yang ditambahkan dengan perbandingan tertentu yaitu berturut-turut limbah polipropilena, pati biji durian, maleat anhidrida, dan benzoil peroksida yaitu (94:6:1), (94:6:1:1), (94:6:2:1), dan (94:6:3:1). Metode pencetakan plastik biodegradable dilakukan dengan metode kempa tekan. Plastik biodegradable dikarakterisasi dengan analisis sifat mekanik berupa uji tarik dengan menggunakan acuan standar ASTM D – 1822 type L, analisis biodegradable menggunakan metode gravimetri berdasarkan penurunan masa plastik setelah penanaman selama 1 bulan, dan analisis gugus fungsi dengan uji Fourier Transform Infra Red (FTIR). Dari hasil penelitian didapatkan kondisi optimum plastik biodegradable yang dihasilkan pada perbandingan limbah polipropilena, pati biji durian, maleat anhidrida, dan benzoil peroksida adalah (94:6:1:1) dengan nilai kekuatan tarik 9,81 N/m2 dan kemuluran 0,5625%, penurunan masa dari analisis uji biodegradable sebesar 9,08%, dan interaksi kimia dari plastik biodegradable yang dihasilkan dapat dilihat berdasarkan hasil analisis dengan FTIR ditemukan bilangan gelombang yang menunjukkan gugus fungsi yang khas untuk menunjukkan ikatan antara limbah plastik polipropilena yang dicangkok dengan maleat anhidrida dengan bantuan inisiator benzoil peroksida dan pati biji durian.


Keywords


Plastik biodegradable; Limbah plastik polipropilena; Polipropilena; Polipropilena-g-MA; Pati

Full Text:

PDF

References


Djaeni, M., dan A. Prasetyaningrum. 2010. “Kelayakan Biji Durian sebagai Bahan Pangan Alternatif.” RIPTEK 4 : 37-45.

Hidayani, T. R. 2012. “Pembuatan Komposit Biodegradabel dari Alpha Selulosa Ampas Tebu Bz 132 dan Polipropilena Tergrafting Maleat Anhidrida dan Divinil Benzena Sebagai Agen Pengikat Silang.” Medan : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sumatera Utara.

Hidayani, T. R., E. Pelita, dan D. Nirmala. 2015. “Karakteristik Plastik Biodegradabel Dari Limbah Plastik Polipropilena dan Pati Biji Durian.” Majalah Kulit Karet dan Plastik 31 (1) : 12-19.

Inggaweni, L. dan Suyatno. 2015. “Karakterisasi Sifat Mekanik Plastik Biodegradable Dari Komposit High Density Polyethylene (HDPe) Dan Pati Kulit Singkong.” In : Prosiding Seminar Nasional Kimia, 3-4.

Kaplan, D. L., J.M. Mayer, D. Ball, J. McCassie, A. L. Allen, dan P. Stenhouse. 2004. “Fundamentals of biodegradable polymers”. In : Biodegradable Polymer and Packaging, 2074-2079.

Khoramnejadian, S. 2013. “Effect of Potato Starch on Thermal and Mechanical Properties of Low Density Polyethylene.” Current World Environment 8(2) : 215-220.

Latief, R. 2011. “Teknologi Kemasan Plastik Biodegradabel”. Bandung : Makalah Falsafah Sains (PPs )

Mariana. 2007. “Beberapa Jenis Plastik yang Terbuat dari Plastik Daur Ulang”. In : Prosiding Workshop on Food and Process Universitas Indonesia, 51-58.

Matondang, T. D. S. 2013. “Interaksi Kimia dari Pati Sagu Kelapa Sawit sebagai Pengisi pada Polipropilena Tergrafting Anhidrida Maleat dalam Pembuatan Bahan Plastik Kemasan Terbiodegradasikan.” Jurnal Natur Indonesia 3 : 10 – 18.

Ningsih, E. S. 2012. “Modifikasi Polipropilena Sebagai Polimer Komposit Biodegradabel Dengan Bahan Pengisi Pati Pisang dan Sorbitol Sebagai Plastisizer.” Jurnal Fisika Unand 1 (1) : 209-214.

Nirmala, D., E. Pelita, dan T. R. Hidayani. 2014. “Interaksi Fisika Plastik Biodegradabel dari Limbah Polipropilen dengan Bahan Pengisi Pati Biji Durian.” In : Laporan Penelitian ATIP.

Ummah, N. A. 2013. “Uji Ketahanan Biodegradable Plastic Berbasis Tepung Biji Durian (Durio Ziberhinus Murr) Terhadap Air dan Pengukuran Densitasnya.” Semarang : Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang.

Yuniarti. 2010. “Inventarisasi dan Karakterisasi Morfologis Tanaman Durian (Durio zibethinus Murr) di Kabupaten Tanah Datar.” Jurnal Plasma Nutfah 2 : 1 – 6.

Yunus. 2011. “Fungsionalisasi Polipropilena Terdegradasi Menggunakan Benzoil Peroksida, Anhidrida Maleat dan Divinil Benzena Sebagai Bahan Perekat Papan Partikel Kayu Kelapa Sawit”. Medan: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sumatera Utara.




DOI: http://dx.doi.org/10.24817/jkk.v39i1.2027

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Tengku Rachmi Hidayani, Elda Pelota

Jurnal Kimia dan Kemasan is indexed by:

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.