Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Arena Tekstil?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Anda dapat mengunduh Template Artikel di sini.

Artikel yang masuk dapat berupa:

  1. Artikel hasil penelitian fundamental yang menyampaikan informasi dan data penting yang baru pada bidang tekstil.
  2. Artikel hasil penelitian teknis yang menggambarkan suatu pengembangan, kemajuan teknis, dan inovasi dalam manufaktur dan prosesing pada bidang tekstil.
  3. Artikel teknik laboran dengan data eksperimental yang cukup yang mengilustrasikan kegunaan suatu metode atau peralatan tertentu pada bidang tekstil.
  4. Artikel tinjauan ilmiah (review) yang bersifat pemahaman dan mengupas secara kritis suatu topik pada bidang tekstil yang cukup penting khususnya yang menyangkut kebijakan. Topik bahasan tidak bersifat umum, tetapi berupa suatu aspek yang dibahas secara mendalam.

Artikel asli belum pernah dipublikasikan, ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.

Format Penulisan

Untuk artikel berupa karya tulis ilmiah (KTI) hasil penelitian, sistematika KTI disusun dalam format makalah lengkap yang memiliki unsur-unsur sebagai berikut: Judul, Nama dan Alamat Penulis, Abstrak dan  Kata Kunci, Pendahuluan, Metode, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, Saran (opsional), Ucapan Terima Kasih dan Pustaka.

Judul harus spesifik, jelas, ringkas, informatif, menggambarkan substansi tulisan dan mengandung unsur kata kunci. Judul ditulis dalam dua bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dengan huruf kapital.

Nama dan alamat penulis, nama penulis ditulis lengkap tanpa gelar. Apabila penulis terdiri atas lebih dari satu orang memiliki alamat yang sama, pencantuman satu alamat telah dianggap cukup untuk mewakili alamat penulis lainnya. Namun apabila penulis yang  terdiri atas lebih dari satu orang memiliki alamat yang berbeda maka alamat harus disebutkan satu per satu. Alamat penulis meliputi: nama instansi, alamat lengkap instansi dan e-mail penulis atau instansi.

Abstrak dibuat dalam dua bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Abstrak ditulis dalam satu paragraf paling banyak memuat 250 kata dalam bahasa Indonesia dan 250 kata dalam bahasa Inggris.

Kata kunci dan Keywords  dapat berupa kata tunggal dan kata majemuk dan terdiri atas tiga sampai dengan lima kata, masing-masing ditulis di bawah Abstrak dan Abstract.

Penulisan isi artikel meliputi:

  1. Pendahuluan tidak lebih dari 20% isi artikel dan tidak ada subjudul. Mencakup antara lain: latar belakang, perumusan masalah, tujuan, teori, ruang lingkup penelitian, dan hipotesis.
  2. Metode yang digunakan untuk mencapai hasil yang diharapkan diuraikan secara terperinci. Mencakup waktu dan tempat, bahan dan alat, metode/cara pengumpulan data dan metode analisis data.
  3. Hasil dan Pembahasan yang diuraikan secara terpadu. Memuat data atau fakta yang diperoleh dari penelitian dan ulasan tentang hasil, termasuk tabel dan gambar. Tampilan tabel, gambar, grafik, dsb, harus jelas, huruf pada gambar dan grafik terbaca dan ukuran memadai. 
  4. Kesimpulan berupa pendapat atau penafsiran penulis tentang hasil penelitiannya.

Saran (opsional) dapat berisi rekomendasi akademik, tindak lanjut nyata, atau implikasi kebijakan atas kesimpulan yang diperoleh.

Ucapan terima kasih dapat diberikan kepada organisasi/institusi, pemberi donor, ataupun individu, yang terlibat dalam penyusunan KTI atau dalam penelitian dan/atau pengembangan.

Penulisan pustaka mengikuti gaya penulisan Nature. Daftar pustaka disusun berdasarkan atas urutan penggunaan pustaka tersebut di dalam KTI dan diberi nomor urut. Penulisan pustaka pada KTI dilakukan dengan mencantumkan nomornya dengan huruf superscript setelah tanda titik atau koma dalam suatu kalimat. Pustaka yang diacu sebaiknya paling lama dalam kurun lima tahun terakhir dan paling sedikit sepuluh acuan dengan acuan primer paling sedikit 80% dari total acuan. 


Contoh penulisan pustaka:

Buku

Penulis, Inisial. Judul buku (Edisi bila setelah edisi pertama contoh  3rd ed.). Kota tempat diterbitkan: Nama Penerbit. (tahun penerbitan).

  1. Ormerod, A., and Sondhelm, W. S. Weaving Technology and Operation. Manchester: The Textile Institute. (1995).

Catatan: Sampai dengan enam orang pengarang ditulis lengkap, bila lebih dapat ditulis dkk atau et al.

 

Bunga Rampai yang mempunyai editor

Nama editor, Inisial. (Ed).. Judul bunga rampai. Kota tempat penerbitan: Nama Penerbit. (tahun penerbitan)

  1. Brown, P. J., and Stevens, K. (Ed).. Nanofibers and Nanotechnology in Textile, 1sted. Cambridge UK: Woodhead Publishing Ltd. (2009).

 

Chapter  pada Bunga Rampai yang mempunyai editor

Penulis chapter, Inisial. Judul chapter.In Inisial.Nama editor (Ed.), Judul Buku (halaman chapter). Kota tempat penerbitan: Nama Penerbit. (tahun penerbitan buku).

  1. Smit, E.,Bütter, U., Sanderson, D. Continuous yarn from electrospun nanofiber. In P.J. Brown, K. Stevens (Eds.),  Nanofibers and Nanotechnology in Textile (45-70). Cambridge UK: Woodhead Publishing Ltd. (2009).

 

Artikel pada jurnal

Penulis, Inisial.. Judul artikel. Judul Jurnal, Nomor Volume, (Nomor terbitan pada volume tersebut), halaman artikel (tahun penerbitan artikel)

  1. Jayakumar, R. Biomedical Application of Chitin and Chitosan Based Nanomaterials - A Short Review.Journal of Carbohydrate Polymers, 82, 227-232 (2010).
  2. Noguchi, T., Kitawaki, J., Tamura, T., Kim, T., Kanno, H., Yamamoto, T., et al.. Relationship between aromatase activity and steroid receptor levels in ovarian tumors from postmenopausal women. Journal of Steroid Biochemistry and Molecular Biology, 44 (4), 657–660 (1993).

 

Prosiding  Seminar yang diterbitkan

Penulis, Inisial. Judul artikel prosiding. In Inisial. Nama Editor (Ed), Judul Prosiding (halaman artikel). Kota tempat penerbitan: Nama Penerbit. (tahun penerbitan artikel)

  1. Borgman, C. L., Bower, J., & Krieger, D.. From hands-on science to hands-on information retrieval. In J. Katzer, & G. B. Newby (Eds.), Proceedings of the 52nd ASIS annual meeting: Vol.26. Managing information and technology (96–100). Medford, NJ: Learned Information. (1989).
  2. Sugiyana, D., Kardena, E. & Notodarmojo, S. Photocatalytic decolorization treatment of textile dye wastewater by using TiO2 nanofibers, In S. Fujiwara, & .N.V. Tien (Eds), Proceedings of Asian Workshop on Polymer Processing 2010 International Seminar (111- 120). Hanoi Vietnam: Bach Khoa. (2010).

 

Artikel diketik menggunakan Microsoft Word sesuai template terlampir. Dewan Penyunting akan menilai kelayakan untuk dimuat, berhak mengoreksi untuk perbaikan, dan berhak untuk tidak memuat. 

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Artikel belum pernah dipublikasikan sebelumnya dan tidak sedang dalam proses pertimbangan pada jurnal lain. 

  2. Format dokumen artikel yang di-submit berupa OpenOffice, Microsoft Word, atau RTF.

  3. Memastikan petunjuk pada Author Guidelines telah diikuti.

  4. Memastikan instruksi pada Ensuring a Blind Review telah dipenuhi.

 

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang dimasukkan ke dalam situs jurnal ini hanya akan digunakan untuk kepentingan Arena Tekstil dan tidak untuk keperluan lain atau untuk pihak lain.