Editorial Policies

Focus and Scope

Warta IHP (Warta Industri Hasil Pertanian) merupakan sebuah Jurnal Ilmiah yang bersumber pada makalah  hasil penelitian, temuan teori/interpretasi baru, dan kajian atau review kritis di bidang industri agro  yang mencakup disiplin seperti: sains dan teknologi pangan, teknologi industri pertanian, kemurgi dan minyak atsiri, rekayasa peralatan, mikrobiologi pangan, energi terbarukan, analisis kimia, dan teknik pangan (food engineering).

WARTA IHP diterbitkan oleh Balai Besar Industri Agro (BBIA)-Bogor, yang bernaung di bawah Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI), Kementerian Perindustrian, Indonesia.  Warta IHP terbit dua kali dalam setahun yaitu pada bulan Juli dan Desember pada tahun berjalan.

Warta IHP telah terbit sejak tahun 1984 dan telah diakreditasi ulang oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dengan Nomor: 723/Akred/P2MI-LIPI/04/2016 berdasarkan Surat Keputusan Nomor: 329/E/2016 tentang Hasil Akreditasi Majalah Ilmiah (tambah link SK).  Warta IHP menerima karya tulis ilmiah dari para peneliti,  praktisi maupun pemerhati bidang industr agro baik dalam maupun luar negeri.  Untuk penulisan artikel pada Warta IHP, penulis (author) bisa merujuk kepada  template yang telah tersedia sebagai panduan penulisan.

 

Section Policies

Makalah Penelitian

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Ulasan

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Front Cover

Checked Open Submissions Checked Indexed Unchecked Peer Reviewed

Back Cover

Checked Open Submissions Checked Indexed Unchecked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

  • Memberikan umpan balik tertulis pada waktu yang tepat pada manfaat ilmiah dan nilai ilmiah dari pekerjaan, hal tersebut dilaksanakan dengan mendokumentasikan secara tertulis pendapat para mitra bestari.
  • Menunjukkan apakah tulisan memiliki komposisi karya yang jelas, singkat, dan relevan dan rating, akurasi ilmiah, orisinalitas, dan menarik bagi pembaca.
  • Menghindari komentar atau kritik pribadi
  • Menahan diri dari kontak penulis langsung tanpa izin editor
  • Memberitahukan penyunting segera jika tidak dapat meninjau secara tepat waktu dan memberikan nama-nama mitra bestari potensial lainnya
  • Menentukan prestasi ilmiah, orisinalitas, dan ruang lingkup pekerjaan; menunjukkan cara untuk memperbaikinya, dan merekomendasikan penerimaan atau penolakan saat menggunakan skala penilaian
  • Memperhatikan segala keprihatinan etis, seperti kesamaan substansial antara naskah terakhir dan setiap makalah yang diterbitkan atau naskah yang diserahkan ke jurnal lain.
  • Memperingatkan penyunting tentang setiap konflik pribadi, finansial atau konflik kepentingan dan menurun ketika meninjau kemungkinan konflik yang ada
  • Memastikan bahwa artikel yang dipublikasikan mematuhi standar jurnal
  • Melindungi pembaca dari penelitian yang salah atau cacat dan studi yang tidak dapat divalidasi oleh orang lain
  • Menjadi waspada terhadap kegagalan untuk mengutip kerja yang relevan oleh para ilmuwan lain

 

Publication Frequency

Terbit 2 kali dalam setahun.

Terbit di bulan Juli dan Desember.

 

Open Access Policy

Jurnal Warta IHP menyediakan akses terbuka langsung ke isi jurnal dengan maksud membuat hasil penelitian tersedia secara bebas kepada masyarakat untuk mendukung pertukaran ilmu pengetahuan secara global. Para pengguna tidak harus terdaftar dan melakukan login untuk melihat situs jurnal atau untuk melihat isi (open access content)

 

Biaya Pemrosesan Artikel

Warta IHP tidak akan memungut biaya dari setiap pemrosesan artikel yang masuk.

 

Pengecekan Plagiat

Pengecekan plagiarisme akan dilakukan oleh Dewan Redaksi Warta IHP menggunakan Grammarly® plagiarisme Checker.