MASA SIMPAN KOMPON KARET LIS KACA KENDARAAN BERMOTOR BERPENGISI BATU APUNG DAN TANAH LIAT

Aprillena Tornadez Bondan, Rahmaniar Rahmaniar

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kondisi optimal penyimpanan dan masa simpan kompon karet lis kaca kendaraan bermotor berbahan pengisi silika dari batu apung dan tanah liat. Formulasi kompon karet dilakukan dengan memvariasikan bahan pengisi silika dari batu apung dan tanah liat. Rancangan penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap dengan 2 (dua) faktor, terdiri dari 3 (tiga) perlakuan suhu (T) yaitu 25 oC, 35 oC dan 45 oC, serta 5 (lima) perlakuan masa penyimpanan (t) yaitu 1, 3, 6, 9, dan 12 hari. Penentuan masa simpan menggunakan metode Accelerated Shelf-Life Testing (ASLT) dengan pendekatan Arrhenius pada parameter uji yang memiliki energi aktivasi (Ea) paling rendah. Parameter uji yang diamati untuk energi aktivasi kompon adalah kekerasan, tegangan putus, dan perpanjangan putus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa energi aktivasi (Ea) kompon yang terendah terdapat pada parameter uji kekerasan, yaitu sebesar 3435,78 kal/mol dengan masa simpan (t) kompon karet 75,26 hari pada suhu (T) 25 oC. Hasil uji kompon yang didapat pada perlakuan ini memenuhi syarat SNI 06-1490-1989 tentang Kompon Lis Karet Kaca Kendaraan Bermotor, yaitu kekerasan 73 Shore A, tegangan putus 161 kg/cm2, dan perpanjangan putus 506%.


Keywords


batu apung; energi aktivasi; kompon karet; masa simpan; tanah liat

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.28959/jdpi.v27i1.915

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Dinamika Penelitian Industri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.