PERSEPSI KUALITAS BATIK TULIS
Abstract
Pasar domestik batik mengalami kelesuan pada tahun 2017 akibat pemasaran yang kurang serta kesulitan bahan kain dan pewarna. Perlu ada peningkatan kualitas batik dengan cara dengan peningkatan pemenuhan keinginan yang sesuai dengan konsumen untuk menambah ketertarikan pasar. Masing-masing konsumen memiliki persepsi kualitas batik yang didasari latar belakang yang berbeda-beda yang dapat dipenuhi perajin tanpa meninggalkan batik yang sebenarnya. Batik tulis merupakan tekstil kerajinan yang dikerjakan menggunakan malam panas dengan canting tulis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap kualitas produk batik tulis. Penelitian ini menggunakan teknik sampling acak untuk mendapatkan data persepsi konsumen batik yang ada di pameran batik “Batik to the Moon”. Penelitian ini menghasilkan data konsumen batik menginginkan kualitas batik tulis dengan bahan kain yang nyaman, tapak canting yang rapi, motif yang menarik dan pewarnaan yang berkualitas yang perlu dipersyaratkan dan dipenuhi produsen.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Atika, V., & Salma, I. R. (2017). Kualitas Pewarnaan Ekstrak Kayu Tegeran (Cudrania javanensis) Pada Batik. Dinamika Kerajinan Dan Batik: Majalah Ilmiah, 34(1), 11. https://doi.org/10.22322/dkb.v34i1.2642
Gaspersz, V. (2002). Pedoman Implementasi Program Six Sigma. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Manajemen Pemasaran. (B. Molan, Ed.) (1st ed.). Jakarta: PT Indeks.
Moerniwati, E., & Ayoe, D. (2013). Studi Batik Tulis (Kasus di Perusahaan Batik Ismoyo Dukuh Butuh Desa Gedongan Kecamatan Plupuh Kabupaten Sragen). ART EDUCARE Pendidikan Seni Rupa, 1(1), 1–11.
Mowen, J. C., & Minnor, M. (2002). Perilaku Konsumen Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Ning Rahayu. (2017). Pemerintah Siap Dukung Industri Batik Bangkit Kembali. Retrieved January 8, 2018, from https://www.wartaekonomi.co.id/read164935/pemerintah-siap-dukung-industri-batik-bangkit-kembali.html
Purwanto, A. (2008). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, dan Desain terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Bermotor Yamaha Mio.
Salma, I. R., Eskak, E., & Wibowo, A. A. (2016). Kreasi Batik Kupang. Dinamika Kerajinan Dan Batik : Majalah Ilmiah, 33(1), 45–54. https://doi.org/10.22322/dkb.v33i1
Sumarwan, U. (2011). Perilaku Konsumen Teori dan Penerapan dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Supriyatna, M. J. (2011). Analisis Model Sikap : Hubungan Persepsi, Afektif, dan Preferensi Terhadap Minat Beli Batik. Institut Pertanian Bogor.
DOI: http://dx.doi.org/10.22322/dkb.v35i2.4108
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Guring Briegel Mandegani, Joni Setiawan, Agus Haerudin, Vivin Atika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dinamika Kerajinan dan Batik : Majalah Ilmiah indexeed by :