Jurnal Industri Hasil Perkebunan

Journal Homepage Image

Jurnal Industri Hasil Perkebunan (JIHP) merupakan jurnal Ilmiah berkala yang memuat karya tulis hasil penelitian, pengembangan, dan pemikiran/ulasan ilmiah dibidang ilmu/bidang aplikasi rekayasa (teknik) dan teknologi industri hasil perkebunan.

Terbit pertama kali pada tahun 2006 dengan frekuensi terbit setiap semester atau pada bulan Juni dan Desember.

Lingkup permasalahan mencakup bahan baku, proses, mesin, peralatan, produk termasuk produk turunan, limbah, dan hasil samping.

Bahasa penulisan menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Jurnal Industri Hasil Perkebunan (JIHP) terindeks Google Scholar , Sinta Indonesia

Announcements

 

Seminar Nasional

 

SEMINAR NASIONAL

DOKUMEN PENDUKUNG

ALAMAT SEKRETARIAT

BALAI BESAR INDUSTRI HASIL PERKEBUNAN

Jl. Prof. Abdurahman Basalamah No. 28 Makassar Sulawesi Selatan 90231.

Telp. (0411) 441207, Fax (0411) 441135

Email: bbihp@kemenperin.go.id

Website: www.bbihp.kemenperin.go.id

Contact Person

  1. Ratri Retno Utami (0812 1553 189)
  2. Ainun Berliani (0852 5552 2641)

SEMINAR NASIONAL

INOVASI TEKNOLOGI HASIL PERKEBUNAN

TAHUN 2019

“INOVASI LITBANG HASIL PERKEBUNAN DALAM MENGHADAPI PELUANG DAN TANTANGAN DI ERA INDUSTRI 4.0”

LATAR BELAKANG

Dasar dari pembangunan ekonomi bangsa dalam mengelola sumber daya dan menghasilkan produk yang berdaya saing adalah ilmu pengetahuan dan teknologi. Inovasi teknologi diperlukan untuk menghadapi persaingan global. Kementerian Perindustrian melalui RENSTRA 2015-2019 mengacu pada Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 tahun 2014 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional dan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 28 tahun 2008 tentang kebijakan Industri Nasional, berfokus pada penyebaran dan pemerataan industry, peningkatan nilai tambah di dalam negeri melalui pengelolaan sumber daya industry yang berkelanjutan serta peningkatan daya saing dan produktivitas industry nasional. Penerapan sistem Industry 4.0 mampu meningkatkan produktivitas, penyerapan tenaga kerja, dan perluasan pasar bagi industri nasional. Kemenperin memprioritaskan pengembangan di lima sektor industri nasional yang akan menjadi percontohan dalam implementasi sistem Industry 4.0, yakni indutri makanan dan minuman, tekstil dan pakaian jadi, otomotif, elektronik, dan kimia.

Dalam rangka mendukung hal tersebut, BBIHP sebagai salah satu lembaga litbang di bawah BPPI Kemenperin, berperan serta dalam pengembangan industry nasional dan peningkatan SDM menyelenggarakan SEMINAR NASIONAL “INOVASI LITBANG HASIL PERKEBUNAN DALAM MENGHADAPI PELUANG DAN TANTANGAN DI ERA INDUSTRI 4.0”. Seminar ini merupakan sarana komunikasi dan wadah bertemunya peneliti, akademisi, pemerintah dan pelaku industry dalam rangka meningkatkan teknologi dan inovasi industry perkebunan.

more information>>

 
Posted: 2019-03-06
 
More Announcements...

Vol 14, No 1 (2019): Jurnal industri Hasil Perkebunan


Cover Page